Marketplus.idAnugerah Desa Wisata Indonesia 2023 merupakan salah satu program unggulan penggerakkebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, untuk ketiga kalinya dengan mengangkat tema “Kebangkitan Ekonomi Dari Desa untuk Indonesia Bangkit”.

“Semangat ADWI 2023 ini mengedepankan Desa Wisata Berkelas Dunia Untuk menggaungkan Indonesia lebih luas lagi melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya yakin, ini merupakan program yang tepat sasaran dengan basic komunitas masyarakat yang ada di desa, saya yakin jika kitab isa beradaptasi, terus berkolaborasi dan berupaya meningkatkan inovasi dari Desa Wisata kitab isa membuka lapangan kerja yang luas dan saya pastikan 4,4 juta lapangan kerja dapat tercipta sampai tahun 2024. Dan akhirnya dari Desalah kita membangunIndonesia,” kutip Menteri Sandiaga Uno.

Desa Wisata Batu Ampar, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu

Desa Batu Ampar secara administratif terletak di Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkuludengan luas wilayah 791,94 Ha. 291,45 Ha diantaranya adalah kawasan APL yang didominasi perkebunan kopi,402 Ha merupakan kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kaba yang terletak di lereng bukit hitam.

Denga letak geografi pegunungan Desa Batu Ampar berada lebih dari 700 DPL, sehinga Desa Batu Ampar Memiliki banyak potensi yang dapat di kembangkan menjadi desa wisata. Desa Batu Ampar memiliki penduduk 720 jiwa dengan 213 Kepala Keluarga dengan mata pencaharian utama sebagai petani dengan komoditas terbesar adalah kopi.

Dengan beberapa potensi tersebut, maka Desa Batu Ampar menetapkan diri menjadi Desa Ekowisata dengan menjadikan semua potensi sebagai bagian menu wisata. Untuk menuju Desa Wisata Batu Ampar dapat ditempuh dengan Penerbangan Pesawat CGK – BKS (1 Jam 55 Menit), kemudian melalui jalur darat menuju Desa Wisata Batu Ampar (2 Jam 30 Menit).

Desa Wisata Batu Ampar terletak di Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, berpotensi sebagai Desa Wisata yang memilik Potensi Wisata Alam dan Budaya, disamping itu juga berpotensi sebagai Desa Wisata yang memiliki konsep ekowisata.

Desa Wisata Batu Ampar memiliki Potensi Daya Tarik Wisata Alam berupa Air Terjun Donok dengan ketinggian lebih kurang 20 meter dengan sumber air yang berasal dari Taman Wisata Alam Bukit HitamKabupaten Kepahiang, tidak hanya disuguhkan dengan suara air yang keras tetapi juga jika dilihat lebihcermat terdapat beberapa goa disekitar air terjun.

Camping Ground Selama di Desa Wisata Batu Ampar, wisatawan dapat merasakan sensasi menyatu dengan alam, menikmati alam yang sejuk Desa Wisata Batu Ampar juga membaur dengan masyarakat untuk belajar cara memetik kopi dan mengolah pucuk daun kopi menjadi peyek/bolu kopi , memanen unji dan mengolahnya menjadi stick unji, mengolah rebung menjadi stick rebung.

Kesenian yang ada di Desa Wisata Batu Ampar yakni berupa Tari Penyambutan, Pancak Silat, SarapalAnam, dan Tari Rendai.

Penyambutan oleh Pemangku Adat Desa diserta dengan Tari Sekapur Sirih, Sedekah Adat dalam pelaksanaan ulang tahun desa dan permainan gasing oleh anak-anak yang ada di Desa Batu Ampar yang sampai dengan saat ini masih tetap terlestarikan dengan baik.

Desa Wisata Batu Ampar ini memiliki 5 homestay yang bisa dipakai untuk menginap para wisatawan yangtersebar di setiap Dusun, dengan fasilitas yang di tawarkan berupa : kamar dengan ruang fentilasi yang baik, lemari, handuk, air minum, dan ruang makan. Disamping itu wisatawan juga akan mengikuti seluruhrangkaian aktifitas tuan rumah.

Desa Wisata Batu Ampar menawarkan beraneka ragam kuliner seperti Sambal Batam, Rebus-Rebusan, Pakis Ikan Kering, Lema, Unji dan Pangis Santan. Disamping itu Desa Wisata Batu Ampar juga dikenal sebagai salah satu desa penghasil kopi terbaik di Kabupaten Kepahiang, selain minuman kopi, kopi juga diolah menjadipeyek dengan memanfaatkan daun kedua dari pucuk daun kopi juga diolah menjadi bolu kopi, selain peyek atau bolu kopi Desa Wisata Batu Ampar juga memiliki kuliner lain yang juga memanfaatkan bahan bakun lokal yang tersedia didesa seperti stick unji, stick rebung.

Desa Wisata Batu Ampar juga menyediakan berbagai souvenir berupa kerjainan tangan, kerajinan tangan ini merupakan usaha masyarakat lokal seperti membuat anyaman dari bambu, gagang cangku serta alat-alat rumah tangga yang terbuat dari bambu seperi gelas, pipet, tatakan gelas, asbak rokok serta mainan kunci.

Desa Wisata Batu Ampar juga menyediakan berbagai souvenir Fasyen berupa Batik Basure, Batik Kaganga danTas yang berasal dari anyaman bambu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *