
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kota Surabaya, (6/7).
Acara dipimpin oleh Moderator, Triaji Rifqi Nursadi dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief budiono S.T,M.M, Anjani Amitya Kirana, BES, DR. Devie Rahmawati, Andy Ardian, SP dan A. Ridha Ardhillah, SH. (KOL).
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Cara Jitu Meningkatkan Literasi Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 611 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber A. Ridha Ardhillah, SH adalah Dalam Menjadi Konten Kreator yang baik serta dapat memanfaatkan bakat , apa saja hal yang dibutuhkan dan bagaimana kita dapat membangun kepercayaan diri padahal kita sudah mencoba trying berkali kali, tapi tetap saja tidak ada kepercayaan diri.
Menurut Ridha Ardhillah, untuk menjadi konten kreator yang pertama yaitu kepercayaan diri. Yang pertama mulai dari mindset, banyak kesempatan yang terbuang. Kenapa harus percaya diri? Saat menemukan jawaban kalau saya akan bertemu dengan banyak orang.
Lalu biasakan berbicara di depan kamera atau kaca, perbanyak baca buku (untuk memperbanyak kosa kata), bergaulah dengan orang-orang yang positif. Jauhi circle pertemanan yang negatif/toxic.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.