2 Juli 2025
Screen Shot 2021-07-31 at 16.54.09

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Banyuwangi, (30/7).

Acara dipimpin oleh Moderator Muhamad Ridho., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Prasetya Aji T, SE., Inayah Sri Wardhani, S.Psi., M. Alvin Nur Choironi., Elly Nurul, dan Rizky Ardi Nugroho.

Dengan jumlah 347 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Prasetya Aji T, SE,  banyak kasus apalagi dijaman serba online sekarang ini dan banyak orangtua kurang paham tentang cara belanja online dan hanya bisa menyalahkan pihak pengirim, padahal banyak kasus saat pengiriman COD dan barang tidak sesuai  tetapi malah marah-marah sama pihak pengirim padahal itu salah oleh pihak penjual dan pembeli kurang teliti untuk melihat review atau spek nya. Bagaimana cara agar hal seperti ini tidak terjadi lagi? apakah harus dihapus pilihan COD? atau bagaimana?

Prasetya Aji mengatakan, “Salah satu caranya adalah dari sisi reseller harus wajib mengingatkan dan mengedukasi di awal-awal sebelum transaksi dilakukan. Pastikan telah ada kesepakatan di awal dan pembeli paham terkait barang. Kita sebagai pembeli juga harus cermat dalam membaca dan mengingatkan sesama untuk rajin membaca terlebih dahulu agar tidak terjadi miskomunikasi. Jadilah penjual yang jujur dan jadilah pembeli yang pintar. Apapun itu di sosial media, apabila sudah tersebar maka akan sulit untuk ditarik kembali. Maka berhati-hatilah dan bijaklah dalam bersosia medial.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *