1 Juli 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kota Surabaya, (21/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Geldy Indrapradana, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Mujiono, Sawitri Wulansari, Romzi Ahmad, Mira N Sahid dan Alrido Pradanar.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Siap Mental Di Ranah Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 912 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Romzi Ahmad adalah Di zaman media sosial ini banyak sekali platform yang meminta kita untuk mengisi data pribadi. Lantas bagai mana cara kita untuk mengetahui apakah platform tersebut kredibel atau tidak agar data kita tetap aman dan tidak disalahgunakan?

Romzi Ahmad mengatakan, “Jadi cara untuk mengecek platform itu kredibel atau tidak coba pelan-pelan dahulu di cek. Contohnya seperti kompas.com banyak sekali tiruannya seperti kompas.net, kompas.co.id, ada kopas.id. Jadi harus bener-benar mengecek terlebih dahulu platform tersebut sudah mematuhi etika digital atau tidak”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *