Marketplus.co.id – Menyambut Hari Ibu, BaBe menggelar diskusi bertajuk “Tips Para Ibu Hadapi Tantangan 2021”, untuk membahas mengenai peran ibu di masa pandemi dan apa saja yang perlu dipersiapkan para ibu dalam menghadapi berbagai kondisi di tahun depan.

Diskusi yang digelar secara virtual ini dihadiri Putu Andani, M.Psi., Psikolog, dari TigaGenerasi, dan Zhafira Loebis, seorang mompreneur dan co-founder Babyloania.

Kondisi pandemi yang terjadi di tahun ini memberikan beban yang besar kepada para ibu, seperti yang disampaikan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Peran yang berlipat ganda termasuk menjadi pengajar di rumah untuk anaknya, mengurus kebutuhan rumah, serta ditambah menjadi ibu pekerja.

“Para ibu memang riskan terkena stress dan risiko tertingginya adalah parental burnout hingga depresi, yang bisa memberikan dampak buruk juga untuk anak dan keluarga,” kata Putu Andani, M.Psi., Psikolog, TigaGenerasi.

Ia menambahkan, para ibu juga perlu menyadari batasan dirinya sebagai seorang manusia, bahwa ibu juga perlu istirahat dan menghargai diri sendiri. Ibu juga perlu membekali diri dengan berbagai cara untuk mengatur jadwal sehari-hari dalam menghadapi tantangan perubahan di tahun 2021 nanti.

Banyak cara juga yang bisa dilakukan para ibu untuk lebih mengembangkan dirinya dan berkontribusi pada perekonomian keluarga, seperti pengalaman yang dibagi oleh Zhafira Loebis, seorang ibu dari dua anak dan juga pengusaha jasa rental mainan anak, Babyloania.

“Pandemi ini sekaligus memberikan waktu lebih banyak untuk ibu di rumah, dan ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal baru atau justru menjadikan hobi sebagai side hustle atau kerja sampingan. Jadi sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita eksplor untuk bekal kita ke depannya,” kata Zhafira.

Berkomitmen dalam menyediakan informasi yang kredibel bagi wanita dan ibu rumah tangga, BaBe menyediakan berbagai artikel mengenai kebutuhan wanita dan juga kesehatan.

“Sepanjang masa pandemi dimulai, topik mengenai parenting menjadi topik 5 besar yang paling banyak dibaca, diminati dan juga dibagikan dalam diskusi komunitas BaBe. Menjelang Hari Ibu ini, kami berharap akan dapat terus menyediakan informasi kredibel sebagai wadah kepada wanita dan ibu rumah tangga dalam memberdayakan dirinya. BaBe juga senantiasa menyajikan serangkaian konten yang menghibur serta menawarkan solusi dan manfaat bagi para wanita tangguh di seluruh Indonesia dalam melewati kesehariannya yang padat,” papar Shelly Tantri, Senior Business Development, BaBe.

BaBe telah memiliki komunitas untuk para ibu, Ikatan Bunda BaBe (iBuBa) yang hadir untuk memperkuat ikatan para Bunda di BaBe dengan beragam kegiatan webinar, pelatihan dan sharing dari ahli terkait pemberdayaan para ibu.

Selain diskusi BaBe hari ini, BaBe juga mempersiapkan serangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Ibu, antara lain mengadakan berbagai program, seperti talkshow bersama para psikolog dan komunitas iBuBa yang ditayangkan langsung di aplikasi BaBe dan platform digital lainnya, video series, dan challenge #TerimaKasihIbu untuk memberikan apresiasi terhadap para ibu.