Marketplus.id – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Super Indo menggelar dialog online bertajuk “New Ways of Shopping: Rethink & Reuse” sekaligus memperkenalkan berbagai inisiatif penanganan sampah yang didesain dalam kampanye besar #SelangkahLebihHijau sebagai bentuk komitmen bisnis Super Indo  menuju bisnis yang ramah lingkungan.

Kampanye tersebut mengajak masyarakat agar lebih bijak dalam pengelolaan sampah sehari-hari, serta berlaku bijak dalam penggunaan kemasan dan kantong plastik sekali pakai. 

Pada kesempatan ini, Super Indo juga  meluncurkan produk ramah lingkungan terbarunya, yakni “Kantong Segar 365” sebagai alternatif pengganti roll plastic ketika pelanggan berbelanja produk segar seperti sayur, buah, dan telur di gerai Super Indo.

 “Sebagaimana kita ketahui bersama, Hari Peduli Sampah Nasional diperingati untuk mengingatkan kita bahwa setiap orang memiliki peran dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan mengelola sampah melalui langkah-langkah sederhana yaitu Reduce, Reuse, Recycle (3R). Super Indo selalu menekankan pada penerapan perilaku ramah lingkungan dalam pengelolaan sampah di semua lini operasi kami. Selain itu kampanye ini juga sebagai bentuk dukungan Super Indo kepada Pemerintah sebagai komitmen dan perwujudan dari pengelolaan sampah berkelanjutan di bisnis ritel melalui pelaksanaan ekonomi sirkular.” Ungkap Johan Boeijenga, Chief Executive Officer Super Indo.

Menurut Yuvlinda Susanta, Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo. “Di Super Indo, kami percaya bahwa sampah tidak boleh dilihat sebagai sumber pencemaran lingkungan yang harus dibuang begitu saja ke tempat pembuangan sampah atau dibakar di insinerator, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah pencemaran lainnya. Sampah ini juga memberi kita kesempatan untuk mencari solusi dengan melibatkan masyarakat, dengan menciptakan inovasi terbaru dalam menangani sampah, dan yang tidak kalah pentingnya, melibatkan perubahan perilaku dan kesadaran masyarakat.”

Sejalan dengan Super Indo, Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyampaikan kampanye #SelangkahLebihHijau yang digagas oleh Super Indo merupakan inisiatif yang sangat baik. “Kampanye #SelangkahLebihHijau yang digagas oleh Super Indo merupakan inisiatif  yang sangat baik. Dengan begitu konsumen diminta untuk berpikir kritis serta terlibat secara langsung dalam rantai pengurangan sampah guna memberikan dampak yang baik untuk lingkungan. Di samping itu konsumen juga harus punya kepedulian dan kesadaran untuk turut mengurangi sampah plastik.“

“Plastik sekali pakai sering kita timbulkan dalam keseharian, dan dampak sampahnya terhadap lingkungan sangat mengkhawatirkan. Konsumen perlu diberi pilihan-pilihan yang bisa digunakan ulang. Super Indo saya rasa sudah mengambil peran penting untuk bertindak lebih dari yang diwajibkan aturan, memberi pilihan tas buah dan sayur yang bisa digunakan ulang dan menggantikan roll plastic. Secara langsung ini juga mengedukasi para pelanggannya untuk sadar dan beraksi.” Ungkap Tiza Mafira, Executive Director Gerakan Indonesai Diet Kantong Plastik (GIDKP)

Sejak tahun 2016, Super Indo menjalankan program pengelolaan sampah dengan konsep ramah lingkungan. Super Indo memprioritaskan dua masalah utama sampah yaitu sampah organik dan sampah plastik.  Untuk jenis sampah organik, yang secara volume jauh lebih tinggi, Super Indo membuat dua skala prioritas penanganan. Pertama adalah mengolah sampah organik menjadi produk bernilai dan kedua memanfaatkan sampah organik untuk kegiatan sosial kemasyarakatan. Dalam menjalankan prioritas tersebut, Super Indo mengelola tiga jenis sampah organik yang paling banyak dihasilkan dalam kegiatan operasional, yaitu sampah buah, sayur, daging, ikan, minyak goreng bekas, dan produk makanan minuman yang masih baik namun tidak dapat dijual. Dalam menjalankan program ini, Super Indo dibantu oleh beberapa mitra pengelola sampah yang menangani masing-masing jenis sampah.

Selanjutnya untuk sampah plastik, sejak tahun 2013 Super Indo telah aktif mengedukasi pelanggan untuk menggunakan kantong belanja guna ulang ketika berbelanja di gerai Super Indo. Kantong belanja guna ulang ini merupakan alternatif pengganti kantong belanja plastik sekali pakai yang disediakan Super Indo sesuai dengan kebutuhan. Kini dengan hadirnya Kantong Segar 365, kemasan produk segar pakai ulang, sebagai alternative pengganti roll plastic, Super Indo yakin akan semakin banyak sampah plastik yang bisa dikurangi.

Terus berinovasi dan berkolaborasi, Super Indo saat ini juga sedang mengembangkan model pengumpulan pembuangan sampah kemasan plastik (Drop Box) bersama salah satu pemasok utamanya: Frisian Flag Indonesia, di mana program ini didisain untuk memudahkan pelanggan menjadi bagian dari rantai daur ulang kemasan plastik sekali pakai dengan cara yang menyenangkan.

“Persoalan sampah merupakan persoalan serius dan multidimensi, sehingga diperlukan kepedulian persoalan sampah secara terus menerus. Dalam momen yang baik ini, kami mengajak semua pihak, untuk berkolaborasi guna menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi Indonesia,” tutup Yuvlinda.