26 Maret 2025
Screen Shot 2021-06-26 at 06.42.22

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, (25/6).

Acara dipimpin oleh Moderator, Muhammad Agung Setyawan, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Retno Aulia Vinarti, S.Kom, M.Kom, Ph.D., Lintang Ratri Rahmiaji, Steve Pattinama, Jacob Win, dan Brian Satria Priyosa.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital. Dengan jumlah 300 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Retno Aulia Vinarti, S.Kom, M.Kom, Ph.D. adalah Bagaimana cara kita menjual barang di marketplace bisa laris manis?

Menurut Retno Aulia Vinarti, juallah barang yang jelas dan bagus kualitasnya. Melihat potensi yang ada dari survey pasar mengenai barang apa yang dibutuhkan masyarakat.

“Melihat peluang dari sekitar kita untuk mengembangkan bisnis kita. Gunakan iklan yang proposional (menjelaskan kandungan atau ingredients dari barangnya) dan rasional. Tau supliernya, tau barangnya. Arahkan pembeli untuk bertransaksi dengan marketplace, agar lebih percaya. Kredibiltas dengan cara upgrade level toko. Fast respon. Memanfaatkan dan bergabung dengan komunitas atau membuat komunitas. Telaten dalam review melakukan chat atau memberikan souvenir. Jika ada yang memberikan riview jelek, kita harus tanggapi dan ubah ratingnya untuk lebih baik,” papar Retno.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *