21 Agustus 2025
Screen Shot 2021-07-01 at 16.41.02

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (1/7).

Acara dipimpin oleh Moderator, Kartika Nur Umami dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu DR. Nasrul Syarif, S.Sos.I, M.Si. ., M.Kom, Nur Aini Rakhmawati, PhD.  , DR. Devie Rahmawati, Soni “ammho” Mongan dan Erbe Sentanu (KOL).

Dengan jumlah 287 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Nur Aini Rakhmawati, PhD. adalah, Bagaimana caran untuk membangun percaya diri dengan kemampuan yang kita punya dari konten yang sudah kita buat? Terkadang masih merasa malu dan kurang bagus dibanding sosial media specialist/ konten creator lainnya yang sudah banyak direspon oleh pengguna sosial media.

Nur Aini Rakhmawati mengatakan, “Keep posting, selalu ada langkah pertama.  Minta feedback, kemudian gunakan tools-tools yang membantu untuk memperbagus video kita. Terkadang bukan masalah kualitas video, namun yang penting adalah konten video kita berguna atau tidak. Yang tau konten itu kita, cuek saja. Buat yang sederhana-sederhana dan bermanfaat dan banyak dicari. Fokus untuk sharing dulu (ikhlas) cuan belakangan, karena untuk membangun portofolio kita. Mulai dari bawah jangan berpikir instan. Harus konsisten. Kesuksesan akan menanti kita. Semangat!”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *