2 Juli 2025
Screen Shot 2021-07-19 at 22.39.03

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (19/7).

Acara dipimpin oleh Moderator, Zafirah Aurelia Budiman, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Dr. Didik Hariyanto., S.Sos., M.Si., Inayah Sri Wardhani, S.Psi., Rachel Octavia, Elly Nurul, dan Anelies Praramadhani.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Do and Don’ts di Platfrom Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 329 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Inayah Sri Wardhani, S.Psi, adalah bagaimana caranya agar kita dapat menggunakan sosial media dengan lebih produktif? dan apakah kita bisa memanfaatkan sosial media untuk bekerja dalam waktu yg lama?

Menurut  Inayah Sri Wardhani, untuk produktif tentunya harus sesuai dengan apa yang kita lakukan, potensi apa yang kita miliki, sehingga kita dapat memanfaatakan potensi-potensi tersebut, dan sosial media dapat digunakan sebagai branding kita.

“Dan penting juga dipahami bahwa dunia maya dan dunia nyata harus seimbang. Mengenai lama atau tidkanya? Itu tergantung, seperti apabila bekerja di digital marketing. pasti tentunya lama. Jangan pnya mindset dunia maya ya hanya di dunia maya saja. Kita perlu membangun kesadaran bahwa dunia maya tentu juga penting. Sehingga kita dapat memilah mana yang penting dilakukan dan mana yang ngga penting dilakukan,” katanya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *