2 Juli 2025
Screen Shot 2021-07-19 at 22.20.47

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Jombang, (19/7).

Acara dipimpin oleh Moderator, Riska Regita, S.E, CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, SYAMSU DHUHA, Direktur CV. Dhuha, Devie Rahmawati, Tio Prasetyo Utomo. dan Yosi Mokalu.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Do and Donts di Platform Digital  dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 516 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Anjani Amitya Kirana adalah trend pekerjaan apa yang akan happening dimasa depan ketika dunia digital sudah sepenuhnya berjalan? dan bagaimana generasi muda harus mempersiapkan diri untuk masa tersebut?

Menurut Anjani Amitya Kirana, pekerjaan-pekerjaan yang akan muncul adalah pekerjaan yang terkait dengan digitalisasi. Untuk itu salah satu metode yang bisa digunakan untuk mempersiapkan hal tersebut adalah dengan memastikan potensi diri, dan cek potensi tersebut di platform online yang bisa membantu mendukung potensi anda seperti cekbakat.com dan kemudian pastikan untuk selalu konsisten menciptakan karya-karya positif karena siapa tahu di masa depan kita bisa menjadi seseorang yang membuka lapangan kerjaan untuk lingkungan sekitar kita.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *