
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, (26/7).
Acara dipimpin oleh Moderator, Riska Regita, S.E., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Bagaskoro, S.Kom., MM., Habib Salim, S.Si., M. Alvin Nur Choironi, Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSI. dan Etty Ariaty Soraya, Sos, Mci.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Mahir Menggunakan Media Sosial dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 366 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Bagaskoro, S.Kom., MM. adalah Apakah ada upaya-upaya yang dilakukan untuk memberdayakan masyarakat-masyarakat di daerah tertinggal / daerah 3T, yang mana masih sangat kurang diberi perhatian dalam bercakap secara digital? Lalu bagaimana tips agar para generasi muda dapat membantu menyadarkan betapa pentingnya kecakapan digital kepada mereka yang masih belum begitu aware terhadap perkembangan diluar daerahnya sendiri?
Bagaskoro mengatakan, “Tentunya harapan kami inovasi pemerintah yang telah berjalan hingga saat ini dapat segera tersebar dengan merata di seluruh wilayah Indonesia terutama di daerah 3T, karena saat ini pemerintah sedang mengupayakan distribusi infrastruktur untuk menunjang fasilitas internet di seluruh wilayah di Indonesia. Kemudian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dapat dimulai dengan mengikuti kegiatan, seperti Webinar Literasi Digital yang saat ini diadakan oleh KOMINFO, dan pastikan untuk membagikan ilmu yang kita dapat pada orang sekitar kita”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.