20 Juli 2025
Screen Shot 2021-07-26 at 18.03.07

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Kediri, (26/7).

Acara dipimpin oleh Moderator, Iman Dwihartanto,CPS®️., Cht, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Syahrul Ramadhan, Rizqi Amaliya Mashluucha, S.Pd, Rachel Octavia, Tio Prasetyo Utomo dan Yosi Mokalu (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Mahir Menggunakan Media Sosial dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1175 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Rachel Octavia adalah Pada era global ini dalam digitalisasi sebetulnya sudah ada etika, kenapa dimedia sosial masih banyak yang memposting hal-hal yang tidak sopan?

Menurut Rachel Octavia, rendahnya kesadaran bahwa unggahan kita hanya dilihat beberapa orang saja. Padahal unggahan kita bisa dibaca dan menyebar kepada dunia. Melalui literasi digital inilah sebagai cara untuk sosialisasi.

“Perlu waktu dan perlu sabar membangun habit baru. Terus diingatkan. Media sosial itu ibarat rumah kita. Tapi terhadap rumah orang lain juga harus patuh pada norma dan tata kehidupan yang berlaku. Cara lainnya: Unfollow kalau sudah gak nyaman. Etika digital itu identitas diri kita. Kita ingin dikenal seperti apa adalah cerminan kita ingin dikenal sebagai apa,” jelasnya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *