
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (27/7).
Acara dipimpin oleh Moderator, Zafirah Aurelia Budiman, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Erling Elinda Yulianto., Chusnur Ismiati, S.H, M.M, Dr. (c) Havid Han, M.M., Elly Nurul, dan Yosi Mokalu.
Dengan jumlah 452 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Erling Elinda Yulianto, adalah Menjadi konten kreator untuk pemula, tentunya perlu rasa percaya diri yang tinggi. Bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri itu dan menciptakan pola pikir yang terus positif meskipun kita mendapat kritik & komentar dari para follower kita?
Menurut Erling Elinda Yulianto, hal utama yang perlu dilakukan adalah dengan memotivasi diri sendiri, dan percaya adanya potensi dalam diri sendiri. Kemudian langkah kedua adalah dengan menjadikan influencer sebagai insipirator, sehingga kita dapat belajar dan dapat mengembangkan potensi yang kita miliki.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.