20 Juli 2025
Screen Shot 2021-07-29 at 17.26.15

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Jember, (29/7).

Acara dipimpin oleh Moderator, Riska Regita, S.E, CPS®️, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, BES, Heru Widagdo, S.P, M.Si, Vivid Sambas ST, MMT, Akhmad Firmannamal, Ph.D dan Praseno Nugroho key opinion leader.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Apa Iya Media Sosial Dapat Merubah Kepribadian dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 301 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Praseno Nugroho adalah Di media sosial banyak sekali orang-orang yang ingin terkenal atau viral tetapi dengan cara yang tidak baik, seperti membuat konten yang negatif hanya untuk meningkatkan engagement akun media sosialnya. Apa yang seharusnya kita lakukan untuk meningkatkan engagement yang baik untuk branding akun media sosial kita dan berdampak positif juga bagi orang banyak ?

Praseno Nugroho mengatakan, “Tentukan tujuan yang tepat bagi kita saat akan menggunakan sosial media, manfaatkan kelebihan kita dan jadikan itu sebagai bahan utama saat kita ingin membuat konten.  Buatlah konten yang sesuai dengan minat kita sehingga engagement yang kita dapatkan pun nantinya akan stabil, karena jika kita hanya fokus pada upaya untuk membuat konten kita viral maka lama kelamaan kita akan merasa seperti diatur oleh teknologi, dan hal ini tentunya akan sangat tidak baik jika terus terjadi”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *