Marketplus.id – Pandemi Covid-19 ini banyak membuka pintu-pintu, mulai dari munculnya komunitas-komunitas daring, seminar online yang terbuka untuk umum, acara-acara yang dilakukan jarak jauh, serta terbukanya kesempatan untuk membuka bisnis baru dari rumah.

Menurut Darwin Tenironama, Managing Director IMS Hospitality Management Consulting, lonjakan drastis oleh pengguna dalam melakukan transaksi secara online. Dengan pembatasan sosial yang diberlakukan, sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu mereka di rumah. Himbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah bila tidak mendesak membuat orang-orang melakukan kegiatan di dalam rumah, entah itu menyelesaikan pekerjaan, kewajiban, pembelajaran, sampai perencanaan untuk kemudian hari.

“Salah satu hal yang diketahui terus meningkat adalah jumlah bisnis online yang lahir sejak pandemi ini. Perkembangan teknologi informasi yang cepat didukung dengan semakin mudah dan murahnya akses internet membuat komunikasi dapat berjalan tanpa hambatan ruang dan waktu,” ujar Darwin, saat menjadi pembicara dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (3/8/2021).

Lanjutnya, persiapan yang bisa dikatakan sederhana inilah yang semakin mendorong maraknya bisnis online. Selain dari kemudahan dalam persiapannya, bisnis online ini juga menawarkan berbagai kelebihan.  Ini lima kelebihan berbisnis online:

  • Modal relatif rendah.

Anda bisa memulainya dengan menjadi re-seller atau drop shipper. Tanpa memiliki stok atau gudang, Anda masih tetap bisa menjual produk. Modal yang dibutuhkan relatif rendah dibandingkan jika Anda membuka toko offline, di mana Anda harus memikirkan stok, sewa tempat, dan biaya operasional lainnya.

  • Menjalankan bisnis tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Anda dapat menjalankan bisnis di mana pun Anda berada dan kapan pun. Sekali pun Anda sedang melakukan perjalanan, Anda masih tetap bisa menjalankan bisnis Anda.

  • Promosi yang mudah

Untuk menjangkau pembeli Anda harus rajin berpromosi melalui berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter.

  • Terbukanya peluang usaha baru

Memiliki bisnis online memungkinkan Anda untuk bertemu dengan banyak pelanggan, supplier, atau komunitas. sehingga dari hubungan tersebut akan membuka peluang usaha baru yang mungkin sebelumnya tidak ada perkirakan.

  • Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja.

Anda dapat menjalankan bisnis online secara single fighter, di mana proses bisnis dapat dilakukan sendiri. Namun jika bisnis Anda semakin berkembang, tentunya Anda akan membutuhkan seorang admin untuk membantu pekerjaan.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (3/8/2021) yang menghadirkan pembicara Siti Nur Aisyah (Key Opinian Leader), Musaiyana (Founder Sampang Young Inspiration), Abdul Rozak (Founder Senyum Desa Indonesia), dan Ali Mashuri (Founder Loma Group).