Marketplus.id – Saat ini, menjadi freelancer cukup diminati karena lebih fleksibel: bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Menurut survey, jumlah pekerja freelance di Indonesia naik 26 persen. Dan, 97 persen freelancer merasa lebih bahagia dibanding pekerja kantoran.

Hal itu diungkapkan, Abdul Khaliq Ramadlani, Dosen, Graphic Designer & Content Creator, saat menjadi pembicara dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (4/8/2021).

Anda tertarik segera terjun ke dunia freelancer, Namun, masih bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari freelancer. Berikut ini cara menjadi freelance pemula yang bisa diterapkan dengan mudah, seperti:

  • Jadi Bos untuk Anda Sendiri.

Ingin bebas melakukan pekerjaan yang diinginkan tapi tetap profesional sepertinya jadi alasan kenapa seseorang menjadi freelancer. Dengan kata lain, bisa menjadi bos untuk diri sendiri. Memang benar begitu. Anda tidak perlu bekerja dengan aturan, seperti standar gaji, izin libur, dan lainnya. Semuanya bisa Anda tentukan sendiri. Sebab, Anda bisa membicarakan semua ketentuan pekerjaan dengan klien Anda.

  • Waktu Lebih Fleksibel.

Anda lebih produktif bekerja di malam hari? Tidak masalah. Sebagai seorang freelancer, Anda bisa mengerjakan project sesuai keinginan, kapan pun waktunya. Yang penting, pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

  • Bebas Bekerja Dari Mana Saja.

Mau kerja dari rumah? Bisa. Mau kerja di coffee shop atau coworking space? Bisa juga. Selama pekerjaan Anda bisa terselesaikan dengan baik, Anda bebas menentukan ingin bekerja dari mana pun. Klien tidak akan menentukan tempat kerja Anda kecuali untuk kebutuhan meeting. Pun demikian, saat ini Anda pun bisa melakukannya dengan berbagai aplikasi meeting online.

  • Bisa Memilih Project Sendiri.

Seorang freelancer bisa memilih pekerjaan sesuai yang diinginkan. Selain agar sesuai keahlian, hasil pekerjaan juga pasti lebih optimal. Katakanlah, Anda seorang penulis freelance dan menguasai topik tentang teknologi. Meskipun banyak tawaran pekerjaan untuk topik lain, Anda bisa mengutamakan untuk mengambil project penulisan tentang teknologi dulu.

  • Pendapatan yang Menjanjikan.

Freelancer adalah seorang profesional yang dibayar sesuai keahlian. Jadi, semakin tinggi skill Anda, semakin besar pendapatan yang dapat dihasilkan. Selain itu, pekerjaan untuk freelancer juga banyak kok saat ini. Baik yang berupa penawaran langsung atau melalui berbagai platform freelancer.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, (4/8/2021) yang menghadirkan pembicara Novianto Puji Raharjo (Ketua Relawan TIK Jawa Timur), Clara Marisa Purnamasari (Associate Wealth Planner & Internasional Campus Ambasador), Akhmad Fajar Ma’rufin (Ketua MGMP Sejarah Kabupaten Pasuruan), dan Key Opinion Leader Rinanti Adya Putri (Operations Executive at ZALORA Group).