Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Banyuwangi, (9/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Salma Nafi’ aturrofi’ah, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Jacob Win, Ns. Tunggul Harwanto, S.Kep, M.Kes, Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd, Elly Nurul dan Victoria Wong (KOL).

Dengan jumlah 1783 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Jacob Win adalah Apa yg harus dilakukan  sebagai orang tua yang  masih kurang paham digital untuk mengawasi/mengontrol anak agar tidak mengakses situs terlarang?

Jacob Win menjelaskan, “Ini adalah bentuk awareness, bagus sekali. Meskipun SDMnya rendah, ternyata sudah punya kesadaran untuk mengawasi dan mengontrol anaknya, artinya SDM ini sudah berproses menjadi lebih tinggi. Yang harus dilakukan setelah ada awareness adalah belajar, cari tahu bagaimana caranya agar bisa. Untuk teman-teman yang mendatangi dan bertanya pada kita, jawab dengan lugas, Kalau mau mendampingi anak-anak dengan lebih baik padahal tidak tahu caranya ya ikutlah webinar literasi digital tiap hari, agar tidak lagi menjadi SDM yang rendah literasi digitalnya. Agar anak-anak jauh lebih hebat bermartabat dan indonesia punya adab dan martabat di dunia.

cs; bahwa di dalam mendampingi anak-anak kita, jangan sampai muncul rasa tidak nyaman bagi mereka. Karena kalau tidak nyaman, mereka akan blocking dan sembunyi-sembunyi sehingga kita semakin susah control. Tapi sebelum itu, kita harus jadi melek digital”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.