Marketplus.id – Tekanan finansial adalah salah satu beban yang paling menyusahkan dalam hidup. Jika dirimu pernah mengalami tekanan finansial, dirimu tahu sulitnya tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk membayar kewajiban atau tagihan.

“Banyak orang mengatakan bahwa uang bukanlah tujuan akhir hidup. Meskipun itu benar, uang memang memainkan peran penting. Makna kebebasan finansial berubah dengan berbagai fase kehidupan kita, tetapi pada akhirnya itu adalah sesuatu yang diperjuangkan banyak orang,” ungkap Diah Renata Anggraeni, Associate Faculty Member Binus University dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (10/8/2021) pagi.

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan dengan cermat agar mendapat kebebasan finansial:

  • Hentikan pengeluran yang tidak perlu.

Kita sering menghabiskan uang di dalam hati, bukan secara obyektif. Misalnya, dirimu mungkin menghabiskan waktu saat dirimu cemas, tertekan, gelisah, kelelahan, karena takut ketinggalan atau untuk menyenangkan orang lain. Ini adalah cara yang sangat tidak sehat untuk menangani keuangan. Sama seperti beberapa orang yang membuat buku harian makanan, membuat buku catatan harian pengeluaran juga sangat penting.

  • Rencanakan anggaran bulanan.

Dirimu tidak akan pernah lagi menghabiskan lebih banyak uang daripada yang dimililiki. Pengeluaran berlebihan membuatmu memiliki lebih banyak kewajiban finansial. Pastikan memutuskan setiap bulan apa yang masuk dan apa yang akan keluar dan tetap berpegang pada anggaran itu, apa pun yang terjadi.

  • Bayar pakai kartu debit.

Mungkin kamu adalah tipe orang yang selalu membayar penuh saldo kartu kredit sebelum akhir penagihan dan menikmati poin yang didapatkan. Jika tidak, mungkin ingin mempertimbangkan membebaskan hidup dari beban kartu kredit. Banyak kartu kredit memiliki strategi yang diatur sehingga jika dirimu melakukan pembayaran terlambat dalam jumlah tertentu, mereka akan memberikan bunga tinggi. Tanpa kontrol diri yang tepat atas pengeluaran dan pembayaran kartu kredit, artinya membuang-buang uang. Untuk memastikan memiliki kendali atas pengeluaran, gunakan uang debit atau uang tunai untuk berbelanja.

  • Tingkatkan tabungan.

Tidak ada keraguan bahwa untuk masa pensiun yang nyaman, dirimu harus mengumpulkan simpanan yang memuaskan selama masa kerja. Ini praktik yang baik untuk menabung hingga 15% dari penghasilanmu.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (10/8/2021) juga menghadirkan pembicara Farid Aibasyari (CEO Plutos Company Agency), Clara Marisa Purnamasari (Associate Wealth Planner & Internasional Campus Ambasador), M. Cholidi Asadi Alam (Aktor), dan Key Opinion Leader Meitha Kurniasari (Experienced Secretary to BOD).