Marketplus.id – Dalam ranah peluang usaha, ternyata ide yang hebat saja bukan jaminan untuk menjadi pengusaha yang berhasil. Namun kerja keras dan ketekunanlah yang dapat menentukan nasib pengusaha menjadi sukses.

Bagus Mawoto Seno, Owner Nawoto Architect and Construction, mengatakan, sudah ada berbagai jenis usaha yang dapat dikembangkan. Namun bukan berarti semua jenis peluang usaha dapat bertahan lama, karena semua tergantung dari cara pengelolaannya.

“Karena tidak sedikit usaha atau bisnis yang gulung tikar di tengah jalan karena tergerus perkembangan zaman. Apalagi jika konsep bisnis yang dibangun lemah dan tidak mampu bertahan dalam tingginya persaingan,” ujar Bagus Mawoto, saat menjadi pembicara dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (16/8/2021).

Ia menambahkan, apabila usaha dikelola dengan baik, dijalani dengan konsisten dan memiliki konsep yang menarik, maka akan menjadi usaha yang menjanjikan di masa depan. Karena untuk bertahan hidup, sebuah bisnis harus mampu beradaptasi dan terus berinovasi. Riset pasar dan juga produk harus dikembangkan agar bisnis tetap berkembang dan selalu ada hal yang baru dalam sebuah usaha.

“Dengan mengikuti perkembangan jaman, sebuah bisnis akan berkesempatan untuk terus berkembang dan bertahan lama. Oleh karena itu, agar bisnis dapat berkembang dan bertahan lama maka pilihlah bisnis yang menjanjikan dan memiliki potensi besar hingga ke masa depan,” tuturnya.

Ini beberapa inspirasi potensi usaha atau bisnis yang menjanjikan di masa depan, seperti:

  • Bisnis Dropship

Cara yang dilakukan untuk menjalankan bisnis dropship dengan hanya mengunduh barang yang akan dijual pada marketplace dan jika orang tertarik dengan barang tersebut yang dilakukan selanjutnya adalah mencari supplier yang mampu menyediakan barang tersebut.

  • Bisnis Fashion dan Aksesoris

Dengan selalu mengikuti perkembangan, maka produk fashion dan aksesoris Anda akan selalu dicari dan diminati pelanggan. Selain itu, bisnis ini tidak hanya melulu soal fashion yang mengikuti tren gaya lifestyle terkini. Namun bisa juga bisnis pakaian okasional seperti haji dan umrah, bisnis baju seragam sekolah, hingga bisnis baju pengantin, jilbab, dan lainnya.

  • Bisnis Kecantikan.

Bagi kebanyakan orang terutama perempuan kecantikan adalah kebutuhan. Kecantikan saat ini tidak hanya dibutuhkan untuk keperluan seremonial saja, namun pada event-event tertentu kecantikan juga dibutuhkan seperti meeting, seminar, pameran dan juga pertemuan-pertemuan khusus.

  • Bisnis Barang-barang Koleksi, Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan.

Istilah pekerjaan terbaik adalah pekerjaan yang Anda suka sepertinya tepat untuk menggambarkan bisnis ini. Jika gemar mengoleksi barang-barang seperti tas, sepatu, mainan, atau barang-barang vintage, hal tersebut bisa menjadi investasi untuk membuka bisnis di masa depan. Biasanya, barang koleksi terutama jika barang tersebut langka dan sudah tidak diterbitkan lagi memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Untuk menjual barang-barang koleksi, yang perlu dilakukan adalah berinteraksi dengan komunitas serupa dan juga menetapkan segmentasi pasar yang sesuai dengan barang yang akan dijual.

Webinar Gerakan Nasional Literasi (GNLD) Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (16/8/2021) juga menghadirkan pembicara Dr. Sruji Bahtiar (Kepala Kantor Kemenang Kabupaten Probolinggo), Yushi M. Mahmudah (Guru Bahasa Arab MTsN 2 Probolinggo), Amidatus Sholihat (Dosen S1 DKV ITSNU Pasuruan), dan Key Opinion Leader Sherly Dwi Artamevia (Content Creator & Influencer).