Marketplus.id – Orang yang gemar bermain game alias gamer kerap mendapatkan stereotip sebagai orang yang tidak suka bersosialisasi. Namun, selama masa pandemi Covid-19 ini, video game justru dijadikan sebagai alternatif untuk dapat berinteraksi.

“Dengan semakin berkembangnya game online, memungkinkan kita untuk memiliki percakapan yang menyenangkan tanpa harus bertatap muka. Karena bermain game online dapat bertemu teman-teman karena memakai koneksi internet sehingga tidak hanya bermain sendirian. Maka dari itu untuk melepaskan stres akibat rutinitas sebagai mahasiswa, mereka melakukan aktifitas yang bagi mereka simple namun menghibur, yaitu bermain game online,” ungkap Segi Rahadian Albariqy saat berbicara sebagai Key Opinion Leader dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021).

Ia menjelaskan, kebanyakan dari masyarakat pasti menilai game online berdampak buruk. Namun jika lebih kritis lagi, ternyata game online juga memiliki dampak positif. Ini adalah beberapa dampak positif dari game online, seperti:

  • Hiburan

Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui atau untuk menghilangkan kebosanan karena kegiatan yang itu-itu saja.

  • Ajang menambah kawan

Dengan bermain game online bisa menambah teman di dunia maya. Saling tegur sapa dan bisa untuk menjalin tali silaturahmi misalnya tukeran link Facebook, Twitter, dan lainnya. Walaupun itu lawan di game online, namun nantinya bisa jadi kawan.

  • Sarana penghasilan

Ternyata hanya dengan duduk dan bermain game online dapat menghasilkan uang. Contohnya dalam game online para pemain dapat menjual karakter yang telah dimainkan ataupun item-item yang diperlukan pemain lain. Setelah sepakat, nanti akan langsung dilakukan transaksi pembayaran.

  • Membuka lapangan pekerjaan

Dari tahun per tahun penggemar game online selalu meningkat. Otomatis penyedia game online atau warnet game online semakin banyak. Dengan demikian lapangan kerja baru tercipta.

  • Bisa untuk ajang melatih konsentrasi

Misalnya saja dalam game-game online dengan genre action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari. Mereka juga akan lebih fokus menghadapi misi-misi dalam game. Hal itu membuat para pemainnya memiliki pola pikir segera dan dapat menyelesaikan tugas atau misi yang ada.

“Itulah dampak positif yang bisa dirasakan setelah bermain. Ternyata, bermain game online tidak selalu buruk jika tidak dilakukan secara berlebihan,” tutupnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (19/8/2021) juga menghadirkan pembicara, Ida Bagus Purwa Sidemen (Dosen UNHI Denpasar & Direktur Eksekutif PHRI BPD Provinsi Bali), Tiurida Lily Anita (Faculty Member at Binus University & Assessor Hotel and Restaurant at BNSP), Erna Eriana (CEO Cleopatra Management), dan Bagus Nawoto Seno (Freelance Nawoto Architech and Contruction).