2 Juli 2025
Screen Shot 2021-08-24 at 19.10.32

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kota Probolinggo, (24/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Zafirah Aurelia Budiman, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arum Fitria,S.Kom.,M.Pd., Stebby Julionatan, Rachel Octavia, Andy Ardian, SP  dan ALDO ABDA SYAKURA (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Menyalurkan Hobi Di Platform Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1326 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Arum Fitria,S.Kom.,M.Pd adalah Saat ini gadget sudah menjadi candu bagi anak-anak, terutama anak kecil. Kemana – mana, disetiap tempat mereka berada pasti sibuk dengan gadjet mereka. bagaimana dengan interaksi sosial mereka nantinya? karena dalam kehidupan sehari-hari kita juga butuh interaksi sosial, bersosialisasi dengan sesama.

Arum Fitria menerangkan, “Teknologi memang tidak bisa dihindari, namun sebagai orang tua yang notabeneya lebih cakap akan digital. Kita harus tetap membatasi penggunaan digital terhadap anak kita. Jangan membiasakan memberikan gadget ke anak ketika anak itu membutuhkan sesuatu atau menginginkan sesuatu, karena itu akan menjadi pola kebiasaan. Jadi, kita tidak bisa menghindarkan penggunaan gadegt terhadap anak-anak kita. Namun, kita tetap dapat mengontrol dan membatasi penggunaannya”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *