Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jombang, (24/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Iman Dwihartanto,CPS®., Cht, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Achmad Bondan Sugiantara, Moch. Sajoang, DR. Devie Rahmawati, Tio Utomo dan key opinion leader Sharla Martiza.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Menyalurkan Hobi di Platform Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 4841 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Achmad Bondan Sugiantara adalah  apa tips yang bisa kita lakukan untuk memotivasi anak-anak agar bisa memaksimalkan teknologi handphone lebih bermanfaat terlebih kepada anak yang masih berada di usia sekolah dasar.

Achmad Bondan Sugiantara menerangkan, “Ini adalah kondisi yang sedang terjadi, bahkan jadi momok untuk para orang tua dan guru. Banyak anak kecanduan HP. Memang tidak bisa kita pungkiri, anak-anak kita di tengah pandemi sekarang punya banyak waktu bermain HP. Tentang kecanduan HP, orang tua harus berani dan bisa tegas kapan dan jadal penggunaan HP pada anak-anak mereka. Tegas dan batasi pemakaian gawai. Dampingi anak-anak kita bermain secara nyata, lepas dari gawai. Misalnya bermain di luar, bermain layang-layang. Bisa juga dengan mengawasi lingkungan siapa teman bermain mereka”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.