Marketplus.id – Internet memang memudahkan kita untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan. Namun, jika tidak hati-hati dalam menggunakan internet ada banyak ancaman yang terjadi di media sosial.

“Guna menangkal ancaman tersebut kita harus melakukan pengamanan privasi yang terbagi menjadi dua pilar utama, yaitu kesadaran dan pencegahan. Kesadaran sendiri menekankan pentingnya menyadari keamanan dan privasi dalam lingkungan internet,” ungkap Sandi Reza Fahmi, Content Creator saat berbicara sebagai Key Opinion Leader dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (25/8/2021) pagi.

Lanjutnya, pencegahan merupakan sesuatu yang harus dilakukan pengguna internet untuk melakukan tindakan pencegahan dalam menjaga keamanan dan privasi. Ini beberapa tips aman berinternet, seperti:

  • Manajemen Password

Gunakan password berbeda untuk setiap akun kamu. Mungkin akan terasa sulit jika kamu harus mengingatnya, tetapi saat ini sudah ada fasilitas aplikasi menajemen password yang bisa digunakan. Jadi, kuncinya adalah memanajemen password, bukan mengingatnya.

  • Autentikasi Dua Faktor

Gunakan autentikasi dua faktor bila memungkinkan. Sistem keamanan ini sudah digunakan oleh hampir seluruh layanan berbasis internet yang bersifat sensitif, khususnya perbankan online. Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak memanfaatkan sistem keamanan ini.

  • Jangan Sembarangan Instal Plugin

Jangan sembarangan menginstal plugin. Ketika mengunjungi sebuah situs, akan ada banyak sekali promosi penginstalan plugin software secara gratis yang ditawarkan. Bahkan beberapa di antaranya memberikan informasi palsu yang mengatakan software yang digunakan di komputer sudah usang dan membutuhkan update. Jangan sampai terkena jebakan seperti itu, karena hampir semua plugin gratis yang ada di dunia maya mengandung malware. Tidak semuanya berbahaya memang, tapi lebih baik mencegah daripada menjadi korban kejahatan siber.

  • Update Browser

Pastikan browser kamu tetap up-to-date. Fitur keamanan pada sebuah browser akan terus diperbarui sesuai dengan tren serangan siber yang juga semakin dinamis. Untuk itu, wajib hukumnya untuk melakukan pembaruan browser setiap ada update baru, karena fitur keamanan tak akan pernah luput mendapat update pula.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (25/8/2021) pagi, juga menghadirkan pembicara Muhammad Mahrus Ali (Dosen Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan), Ratno Bagus Edy Wibowo (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya), Darwin Tenironama (Managing Director IMS Hospitality Management Consulting), dan Jatmiko Fitri Hamzah (IT Professional & Relawan TIK).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *