23 April 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Malang, (8/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Salma Nafi’Aturrofiah, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ahmad Zainal Abidin, Moch. Sajoang, Maria Advianti, Bagaskoro dan Rizky Ardi Nugroho (KOL).

Dengan jumlah 3260 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Ahmad Zainal Abidin adalah Bagaimana cara menguasai fitur lapak yang tersedia di suatu aplikasi jualan online.

Ahmad Zainal Abidin mengatakan, “Prinsip dan konsep dari guru saya, lihat dari kiri ke kanan, atas ke bawah, fitur dan menunya kita harus coba semua. Mana yang kurang paham bisa kita cari tahu melalui Google. Karena fitur pada media sosial harusnya sudah lengkap dengan manual dan panduannya dalam layanannya tentang bagaimana cara menggunakannya dan seperti apa bentuknya, tinggal kita mau atau tidak untuk membaca, mencari tahu, dan mencoba. Prinsip ini bisa digunakan di semua platform media digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *