Marketplus.id – Di masa pandemi banyak pedagang konvensional yang mulai beralih ke bisnis digital. Hal ini dimanfaatkan oleh WhatsApp dengan menghadirkan WhatsApp Katalog melalui WhatsApp Business.

Dengan WhatsApp Katalog, maka pelaku UMKM bisa menampilkan produk-produk yang ada di profil WhatsApp Business. Sehingga calon pembeli bisa dengan mudah memilih produk yang ditawarkan.

“Melalui fitur ini juga, kita para konsumen tak hanya bisa melihat foto produk atau jasa yang Anda tawarkan saja. Namun juga bisa melihat deskripsi produk sampai dengan harga produk,” terang Deden Sofiudin, CEO Rumah Kopi Temangung & Relawan TIK Indonesia, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (14/9/2021).

Ini cara berjualan via WhatsApp Katalog sangat mudah, simak langkah-langkahnya, seperti:

Membuka akun WhatsApp Business

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka akun WhatsApp Business. Download melalui Play Store maupun Apps Store kemudian verifikasi nomor ponsel Anda.

Setting WhatsApp Katalog

Setelah melakukan verifikasi, hal selanjutnya adalah masuk pada laman utama aplikasi, dan kemudian pilih ikon tiga titik yang berada pada sudut kanan atas. Selanjutnya, pilih menu pengaturan dan kemudian, pengaturan bisnis. Selanjutnya akan menemukan opsi katalog. Nah, sebagai informasi pastikan aplikasi WhatsApp Business sudah di-update ke aplikasi yang terbaru. Ini karena versi katalog hanya ada di versi baru WhatsApp Business.

Upload foto dan deskripsi

Setelah masuk ke katalog, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengklik icon foto yang ada di bawah tampilan. Pilih tambahkan foto, bisa dari gallery maupun foto langsung. Selanjutnya masukkan deskripsi, sampai dengan harga jual produk yang diinginkan. Bisa tambahkan juga link e-commerce ataupun kode produk yang nantinya akan memudahkan identitas produk.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (14/9/2021) juga menghadirkan pembicara Khotibul Umam (Ketua DPC HIPKI Tulungagung & Owner LKP Mitra Ilmu Tulungagung), Drg. Silvia (Founder @Lashtiqueid), Ria Ariyanie (Praktisi Komunikasi untuk Digital), dan Ibrahim Hanif sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.