Marketplus.id – Zaman selalu berubah, begitu juga dengan tren marketing. Tren marketing selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Apalagi bagi pemilik bisnis online yang sudah pasti hampir semua aktivitas marketingnya terjadi di dunia maya. Marketing channel atau kanal marketing yang dapat digunakan pemilik bisnis online pun banyak dan bervariasi. Salah satu peluang besar yaitu melakukan kegiatan marketing melalui media sosial untuk bisnis online.

Media sosial seperti menjadi sesuatu yang wajib dimiliki setiap orang saat ini. Bisa dilihat dari banyaknya akun-akun di media sosial seperti Instagram, Twitter, atau Facebook.

“Dengan banyaknya pengguna di media sosial, maka tak heran jika platform ini sering dimanfaatkan dalam bidang bisnis,” ujar Anthony Sudarsono, Content Creator & Founder OYS Cloud Kitchen, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (15/9/2021).

Lanjutnya, media sosial umumnya dirancang untuk memudahkan seseorang dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain. “Platform ini juga bermanfaat untuk menjalin silaturahmi, menambah relasi, dan bahkan saat ini juga banyak yang menjadikannya sebagai wadah untuk menunjukkan karya mereka,” paparnya.

Ia menambahkan, orang-orang bisnis pun juga tak mau kalah dalam memanfaatkan keramaian di media sosial. Banyaknya orang yang aktif di dalam media sosial bisa menjadi tempat yang potensial untuk memasarkan berbagai produk secara gratis.

Bagi yang sedang menjalankan usaha apapun, manfaat media sosial pasti akan sangat membantu dalam mengembangkan unit bisnis atau pun untuk memperkenalkan usaha pada khalayak.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (15/9/2021) juga menghadirkan pembicara Santia Dewi (Owner-Founder @limabackstore & @grosirkaosdistrotanahabang), Mohammad Rofiuddin (Relawan TIK Jawa Timur & Owner CV. Toserba Pesantren), dan Dede Muhammad Multazam (Program Director & Book Editor).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.