
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Ponorogo, (16/9).
Acara dipimpin oleh Moderator, Ivana Rouf, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Nur Fadly Hermawan, Lintang Ratri Rahmiaji, Sawitri Wulansari, S.Psi., MM., Andy Ardian, SP., dan Yasmin Oktavia.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Menjelajahi Alam Digital yang Luas dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 1073 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Lintang Ratri Rahmiaji adalah Kiat apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan personal branding di sosial media? Apakah kita harus selalu memilih tema yang sesuai dengan passion kita, sementara ada tema lain yang lebih disukai oleh penonton?
Lintang Ratri Rahmiaji memaparkan, “Kita bisa mencoba mengenali diri terlebih dahulu “brand“ apa yang ingin kita ciptakan. Setelah kita mengetahui, kita bisa menyiapkan segala hal untuk bisa semakin mendukung branding kita. Selain itu, penting sekali juga untuk kita lebih menjaga keoriginalan diri agar tidak hanya meniru orang lain saja dan hanya menuruti pasar”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.