Marketplus.id – Era yang serba digital, banyak peluang bisnis dan karier yang bisa dilakukan hanya dari rumah. Jadi, tak bisa dengan mudah menuduh orang yang diam di rumah namun berpenghasilan disangkutpautkan dengan pesugihan.

Hal itu disampaikan, Rinanti Adya Putri, Operations Executive at ZALORA Group, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021).

Ia menerangkan, sederet pekerjaan bisa dikerjakan hanya dari rumah saja, dan memberikan pemasukan yang cukup luar biasa. “Era digital harus kita manfaatkan karena merupakan potensi bagi masyarakat untuk bekerja di industri digital,” terangnya.

Menurutnya, teknologi digital telah banyak menciptakan peluang lapangan pekerjaan. Tidak hanya itu, kemudahan dan lingkungan kerja yang lebih fleksibel menjadi pilihan lapangan pekerjaan yang lebih menarik. Sebab, pekerjaan ini bisa memberikan keleluasaan untuk pekerja mengatur ritme kerjanya.

Ini berbagai jenis pekerjaan di era digital, seperti:

  • Freelancer

Pekerjaan ini dibayar sesuai apa yang dihasilkan olehnya. Lebih uniknya, pemberi pekerjaan juga bukan cuma orang lokal saja, freelance juga bisa mendapatkan pekerjaan dari luar negeri. Contoh pekerja freelance di antaranya Designer, Copywriter, Animator, hingga Video Editor.

  • Dropshiper

Ketika menjadi dropshiper, kita bahkan tak perlu ke luar rumah karena produsen akan mengirimkan langsung barang ke pelanggan dan kita hanya perlu membantu memasarkannya.

  • Digital Marketing hingga Blogger

Menulis hal-hal yang kita sukai bisa saja menghasilkan uang. Cerita yang ditulis bisa berupa tentang makanan, film, musik, dan topik-topik lainnya yang banyak diminati orang.

  • Event Planner, Social Media Specialist dan SEO Specialist

Banyak organisasi dan usaha yang pasti memerlukan orang khusus untuk mengelola akun-akun media sosial mereka kan? Nah, ini dia jenis pekerjaan yang paling dicari.

  • Konten Kreator

Membuat konten bisa kita lakukan di mana saja, bahkan bisa dengan alat yang terbatas asalkan kita punya kreativitas tak terbatas. Bisa berupa pekerjaan YouTuber, Selebgram, Vloger dan lainnya.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (17/9/2021) juga menghadirkan pembicara Diding Adi Parwoto (Praktisi IT & Ketua LPM IAI Uluwiyah Mojokerto), Keke Michelle Awuy (Tenaga Ahli DPR RI), Dhimas Dwi N. H (Dosen Politeknik Negeri Malang), dan Yohana Ginting (Influencer & Content Creator).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.