Marketplus.id – Menghabiskan waktu dengan berselancar di internet dapat diibaratkan sebagai pisau bermata dua. Ia dapat sangat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kamu apabila digunakan dengan cara yang benar, namun sebailknya dapat merugikan bahkan merusak hidup jika digunakan dengan cara yang salah.

Salah satu hal yang menarik dari internet adalah konten yang ditawarkannya. Ada berjuta-juta (bahkan mungkin miliaran) konten yang beredar di internet setiap harinya. Konten-konten ini tidak semuanya positif dan baik untuk diakses.

“Ada banyak konten-konten negatif yang tidak baik seperti konten pornografi, kekerasan, hoax, ujaran kebencian, penipuan dan lain-lain. Sebaliknya, terdapat banyak sekali konten-konten positif yang sebenarnya dapat kamu akses di internet,” terang Aprillia Frinanda Setiawan seorang Video Content Creator ketika berbicara sebagai Key Opinion Leader dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (21/9/2021).

Ia menjelaskan, konten-konten positif ini dapat sangat bermanfaat bagi kehidupanmu, menambah wawasan dan pengetahuan, motivasi dan semangat hidup. Berikut ini beberapa konten-konten positif, seperti:

  • Tutorial

Tutorial dapat dipahami sebagai proses pengajaran yang dilakukan oleh seorang ahli kepada orang awam mengenai hal-hal tertentu. Tutorial diajarkan secara terstruktur dari awal hingga akhir, hingga tercapai tujuan yang ingin dilakukan.

  • Pengalaman pribadi

Ada peribahasa yang mengatakan “pengalaman adalah guru terbaik”. Satu pengalaman memberimu sejuta pelajaran baru. Selain belajar dari hal-hal yang langsung dialami, kita juga dapat belajar banyak dari pengalaman orang-orang lain. Dulu, berbagi pengalaman identik dengan kegiatan ngobrol langsung dengan orang-orang terdekat yang mudah ditemui, baik itu keluarga, teman sekolah, rekan kerja, tetangga, dan lain-lain. Namun, berkat internet saat ini, kita dapat dengan mudah mendengarkan atau membaca pengalaman pribadi orang lain di internet via blog, YouTube, podcast, vlog dan lain sebagainya.

  • Karya Fotografi

Internet juga merupakan rumah bagi jutaan foto. Artinya di internet kita bisa menemukan jutaan hingga miliaran foto dari kegiatan yang ada di muka bumi ini. Foto dan video yang tersedia pun beragam, mulai dari foto karya para profesional maupun para pemula yang baru belajar.

  • Review

Konten-konten review yang banyak tersedia di internet dapat membantumu dalam menjawabnya. Konten review dapat diandalkan untuk menjadi referensi dalam pertimbangan sebelum membeli sesuatu, baik di internet maupun di pasar secara langsung. Tidak perlu takut akan penggiringan opini, karena ada banyak sekali konten-konten review di internet, bahkan untuk sebuah produk yang sama. Maka dari itu, kita dapat membandingkan satu review dengan yang lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli sesuatu.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (21/9/2021) juga menghadirkan pembicara Yohana Ginting (Influencer & Content Creator), Indah Pratiwi Arumsari (Tenaga Ahli DPR RI), Clara Marisa Purnamasari (Associate Wealth Planner & Internasional Campus Ambasador), dan Muhammad Alvin Al Huda (CEO CV. Huni Raya Group).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.