1 Juli 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Kediri, (22/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Ivana Rouf, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Asmara R Hadi S.E, Viki Yossida, Ulil Albab, B.Sc. (Hons) Muhammad Yusuf Satria,MBA, MM. Dan Alvian D. Putra, S.IP., M.IP. (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Tips dan Trik Memulai Bisnis Online di Era Pandemi dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 272 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Viki Yossida adalah Tuntutan gaya hidup bahkan haus pengakuan diri memang pada akhirnya menciptakan sifat konsumtif bagi diri Mungkin kita tau secara garis besar menghindari perilaku konsumtif, namun sangat sulit di implementasikan . Bagaimana cara sederhana yang efektif menurut Pak Viki untuk “mulai” mengurangi perilaku konsumtif tersebut terima kasih.

Viki Yossida menjabarkan, Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan adalah :

  1. menerapkan prioritas kebutuhab atau skala prioritas kebutuhan bisa dengan cara dicatat supaya tau balance atau tidaknya
  2. menabung dan investasi terhadap hal produktifboleh secara digital maupun konvensional
  3. bijak menggunakan credit card
  4. mencoba dalam 1 hari ada hari tanpa pengeluaran dengan cara menikmati apaadanya tanpa pengeluaran dan memanfaatkan yang ada saja.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *