Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, (22/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Lilies Rolina, S.Sos., MM., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Lusi Septy Rica Sari, Vivid Sambas, ST., MMT., Imam Mashudi, SP., Pradipta Nugrahanto, dan Farras Ardiana.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Tips dan Trik Memulai Bisnis Online di Era Pandemi dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 806 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Imam Mashudi, SP. adalah bagaimana meng-upgrade mindset tradisional menjadi mindset digital dalam usaha? Lalu sebagai pelajar, bagaimana menanamkan dalam pola pikir agar bisa berkembang dan tak tertutup dengan perkembangan teknologi terlebih dalam bidang usaha, serta bisa membantu usaha orang tuanya agar bisa go publik secara online?

Imam Mashudi mengatakan, “Ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti banyak membaca, banyak belajar e-marketing, sehingga kita bisa mengetahui teknik-teknik tentang e-marketing. Namun, yang paling penting kita juga harus mengetahui etika dalam berinternet. Pahami juga dalam menyaring berita-berita/iklan-iklan yang ada. Kita perkuat diri dengan literasi digital”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.