Marketplus.id – Kemajuan teknologi bawa banyak kebiasaan baru untuk masyarakat kita, mulai dari telepon genggam dan kemajuan teknologi internet. Kedua hal ini memunculkan satu kebiasaan baru yang hampir semua orang di Indonesia khususnya yang tinggal di kota besar pernah melakukannya, yakni aktivitas belanja online.

Hal itu diungkapkan, I Putu Dody Lesmana, Dosen Onformasi & Teknologi Universitas Jember, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (23/9/2021) pagi.

Fenomena belanja online ini memberikan banyak dampak positif, mulai dari semakin mudahnya menjual barang, menggerakkan roda perekonomian suatu daerah, sampai-sampai mempermudah pengusaha kecil untuk menjual barangnya di dunia maya.

“Tidak sedikit juga dampak negatif dari fenomena belanja online ini. Beberapa diantaranya menjadi banyak saingan, sulitnya mengendalikan pajak penjualan, sampai menjamurnya barang-barang dengan kualitas rendahan yang hanya mengedepankan harga murah,” ujarnya.

Untuk itu, ini kerugian dan keuntungan belanja online.

Keuntungan Belanja Online:

  • Mudah Tidak Perlu Keluar Rumah

Keuntungan belanja online yang pertama adalah sangat memudahkan untuk berbelanja! Tak perlu ke sana ke mari untuk melihat berbagai barang yang sedang d cari, bisa mencari tahu stok yang ada di katalog pedagang online tersebut. Untuk yang mageran dan malas berinteraksi banyak dengan manusia, belanja online memang paling cocok.

  • Praktis di Mana Saja Kapan Saja

Tak perlu ribet mencari parkir di mal, menghadapi macetnya jalanan, ataupun panas-panasan menaiki kendaraan umum. Keuntungan belanja online selanjutnya adalah sangat praktis sehingga bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Baik itu di rumah, kantor, maupun di perjalanan menuju atau pulang kantor. Pagi, siang, ataupun malam, toko online akan selalu buka dan bisa melihat produk-produk yang tersedia di dalamnya.

  • Banyak Diskon yang Tersedia

Di zaman sekarang, banyak startup yang bekerja di bidang e-commerce belanja online yang menyediakan berbagai diskon belanja online, ini pun menjadi salah satu keunggulan belanja online! Mulai dari cashback belanja, promo khusus belanja online, sampai promo gratis ongkos kirim bisa kamu dapatkan bila berbelanja secara online.

  • Pilihan Bervariasi

Variasi menjadi keuntungan lain dari belanja online. mulai dari ukuran, warna, model, sampai dengan merek, hampir semuanya tersedia di situs belanja online. Misalkan kamu hanya cocok terhadap satu merek, bisa mengunjungi toko online merek tersebut dan mencari kebutuhan di toko online resmi mereka, tanpa perlu repot mengunjungi tokonya langsung.

Kerugian Belanja Online:

  • Barang Tidak Sesuai Sehingga Tidak Bisa dicoba

Salah satu hal yang menyebalkan dari belanja online adalah tidak bisa mencoba secara langsung barang yang ingin dibeli, sehingga hanya mengandalkan sizing chart yang disediakan toko tersebut. Memang membantu sih, tapi tetap ada kemungkinan ketika dikenakan di tubuh, eh malah nggak cocok!

  • Rawan Penipuan

Tidak sedikit korban penipuan belanja online yang mengatasnamakan brand tertentu atau toko online yang menjanjikan barang akan segera dikirim setelah transaksi dilakukan. bahkan, ada juga pembeli yang berniat untuk menipu pemilik toko online dengan cara mengirimkan bukti transfer palsu.

  • Tidak Bisa Langsung Pakai

Waktu pengiriman menjadi musuh utama para pelanggan toko online. Kadang kita tidak bisa mengandalkan kurir atau ekspedisi karena tak hanya kita yang menggunakan jasa pengiriman tersebut. Akan ada berbagai risiko seperti paket tertahan, paket yang terlambat datang, sampai dengan salah kirim paket.

  • Terlalu Banyak Distraksi

Saking banyaknya produk yang tersedia di toko online menjadi distraksi untuk mencari barang yang sebenarnya dibutuhkan. Tak ayal, distraksi-distraksi ini malah akan membuat membeli hal-hal yang seharusnya tidak dibutuhkan, bahkan melewatkan barang yang dari awal sedang butuhkan.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (23/9/2021) pagi juga menghadirkan pembicara drh. Albiruni Haryo (Dokter Hewan & Owner Satwa Sehat), Zulham Mubarak (Ketua Umum Milenial Utas & Komisaris PT. Agranirwasita Technology Indonesia), Pinktada Putri Pamungkas (Dosen ITSNU Pasuruan), dan Rinanti Adya Putri (Operations Executive at ZALORA Group) sebagai Key Opinion Leader.