Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Pacitan.

Acara dipimpin oleh Moderator, Adelia Rahmawati Putri, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Hadi Sovi’in, S.Pd.I, Fajar Anas, S.Kom, M.Kom, Oktora Irahadi, Bagaskoro, S.Kom., MM dan Nathania Ingrid Hendradi (KOL).

Dengan jumlah 259 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Hadi Soviin adalah Dalam kecakapan digital, kita harus memanfaatkan dan berbuat produktif di dunia digital,  bagaimana caranya mengontrol dari dampak negatif dan cakap digital yang positif.

Hadi Soviin menuturkan, “Diatur waktunya dalam aktif di dunia digital, karena diri kita berhak untuk membatasi keseharian. Ada waktu untuk bekerja, istirahat, dan mencari informasi. Membatasi diri dalam menggunakan digital serta harus menghindari konten negative yang ada di dunia digital, kita juga harus bisa memilah konten tersebut dan mengajak saudara untuk bijak menggunakan media sosial untuk hal baik”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.