Marketplus.id – Menulis konten yang berkualitas dan menarik adalah sebuah pilihan. Anda bisa memilih mengalokasikan waktu yang dibutuhkan untuk bekerja menciptakan konten berkualitas dan membangun brand dengan baik. Atau Anda bisa pilih mengambil jalan yang mudah dan menulis konten seadanya, pilihan yang akhirnya merugikan Anda karena hanya akan membuang waktu dan energi.

Hal itu diungkapkan, Yusuf Efendi, Content Creator Explore Madura sebagai Key Opinian Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (28/9/2021).

Ia mengingatkan, untuk meningkatkan peringkat SEO, mendapat traffic dan lead, Anda perlu menciptakan konten menarik dan berkualits untuk blog atau website Anda.

Lanjutnya, bila menulis konten yang orisinil, mesin pencari akan membantu situs Anda mendapat lebih banyak ekspos. Google tidak suka dan akan memberi penalti pada situs dengan konten duplikat.

“Di lain sisi, Google ingin memberi reward pada situs dengan kualitas tinggi yang mengandung konten orisinil. Jadi konten menarik tak hanya membuat website jadi lebih baik, tapi juga meningkatkan peringkat situs, yang bisa memiliki dampak sangat positif pada bisnis Anda,” paparnya.

Ini ciri artikel berkualitas yang perlu Anda perhatikan, seperti:

  • Konten Yang Berkualitas Mudah Ditemukan (Findable)

Konten yang Anda tulis akan sia-sia bila tak ada yang membacanya. Konten harus mudah ditemukan setidaknya dalam dua cara: dari situs Anda. Bila seseorang sudah berada di dalam situs Anda, mereka harus bisa menemukan konten terbaru dan terbaik Anda. Kedua dari luar situs Anda. Ini berarti melalui mesin pencari. Orang yang tidak tahu Anda atau website Anda harus bisa menemukan konten melalui pencarian Google. Cara terbaik untuk bisa ditemukan mesin pencari adalah menyesuaikan konten dengan kata kunci yang relevan. Lalu optimasi konten untuk kata kunci tersebut.

  • Konten Yang Berkualitas Bisa Dibagikan (Shareable)

Ketika orang menemukan konten yang sangat bagus, mereka ingin menyebarkannya, setidaknya mencantumkannya di timeline Facebook dan Konten mudah dibagikan. Buat orang mudah membagikan konten Anda.

Berikut beberapa hal dasar tentang konten yang bisa dibagikan:

  • Mulai dengan sesutu yang benar-benar bagus. Apakah Anda ingin membagikannya? Bila Anda malu memberitahu teman apa yang baru saja Anda posting, ini berarti konten Anda tidak cukup bagus.
  • Konten Yang Berkualitas Mudah Dibaca (Readable)
  • Keterbacaan sangat penting untuk teks. Design yang bagus dan tulisan yang baik terkait di dalamnya.
  • Konten Yang Bagus Selalu Diingat (Memorable)

Konten yang bagus tidak hanya menghibur Anda selama 2 menit dan lalu hilang dari pikiran. Konten selalu Anda ingat, membuat Anda kembali mengunjunginya, dan merekomendasikannya ke teman atau kolega.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Selasa (28/9/2021) juga menghadirkan pembicara Fendi Agus Syaputra (Founder Komunitas Yuk Baca & Owner Bang Pen), Farisi (Ketua PC IPNU Sampang), Dirga Romadhoni (Konsultan Usaha Kecil dan Menegah), dan Reza Apriandi (Founder Boesku Indonesia).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. BerlAndaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.