15 Juni 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (1/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Safira Dwi Siwi, S.Ds., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Robert Filipus Ambat, Agung Baskoro Adi .S.Pd.,M.M., Ulil Albab, Elly Nurul dan Alrido Pradanar,SH.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Berpancasila Di Dunia Digital” Dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 76 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Robert Filipus Ambat adalah “Bagaimana menjadi seorang konten kreator yang dapt menginfluence banyak orang dan memberikan dampak positif di media social?”

Robert menerangkan, “Seorang content creator dengan seorang influencer itu berbeda, influencer bisa jadi seorang content creator namun seorang konten creator belum tentu adalah seorang influencer. Karena bisa jadi seorang content creator banyak bekerja di belakang layar karna membuat konten-konten. Jika ingin menjadi content creator harus memiliki wawasan yang luas, banyak-banyak literasi tentang hal yang diminati. Jika influencer lebih spesifik ke satu hal seperti influencer di bidang music, fashion, bisnis, kalau influencer biasanya memang lebih focus ke dalam satu hal. Banyak sekali peluang terbuka di era digital, bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, gali potensi apa yang kita punya, jangan menggunakan media sosial hanya sekedar kesenangan saja, jika bisa menjadi manfaat hal itu akan menjadi lebih baik”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *