Marketplus.id – Di dalam dunia digital dan modern seperti sekarang ini, Internet sudah menjadi hal yang sangat wajar. Internet juga menjadi salah satu kebutuhan pokok yang tidak terlepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Tantangan terbesar dalam menghadapi perkembangan zaman ini adalah keamanan dalam mengakses informasi yang ada di internet.

Hal itu dikatakan, Musaiyana, Founder Sampang Young Inspiration, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah kabupaten Sampang, Jawa Timur, Jumat (01/10/2021).

“Sebagai orang yang berada di tengah arus perkembangan teknologi, paling tidak kita harus mengerti mengenai hal penting ini. Internet safety ini sangatlah penting terutama untuk anak-anak yang masih dalam rasa ingin tahunya yang tinggi. Wajib hukumnya kita memberikan edukasi yang baik kepada setiap generasi muda kita,” terangnya.

Ia menambahkan, Internet Sehat atau Cyber Safety adalah sebuah bentuk keamanan saat mengakses internet. “Seperti yang kita ketahui bahwa segala jenis kejahatan sekarang bisa terjadi dengan melalui jaringan internet, untuk itulah keamanan internet menjadi salah satu hal yang penting,” paparnya.

Lanjutnya, negara maju sangatlah concern dengan keamanan dalam mengakses internet sehingga mereka benar-benar melakukan edukasi kepada setiap generasi terutama anak-anak dan anak muda.

Gerakan Internet Sehat muncul karena aktifitas Internet di dunia maya saat ini masih terbilang bebas tanpa ada aturan hukum yang ketat, banyaknya aktifitas-aktifitas Internet secara ilegal ini membuat Internet menjadi teknologi yang cukup berbahaya.

“Aktivitas ilegal yang paling umum biasanya adalah warez (pelanggaran hak cipta suatu karya), cyber bullying (penghinaan dan kata-kata kasar di internet), penghinaan dan pelecehan SARA, Konten Dewasa dan aktifitas kejahatan lainya,” ujarnya.

Ini dia tips dan pentingnya menjalankan internet sehat dan aman, seperti:

  1. Ancaman

Banyak sekali ancaman yang bisa terjadi di internet. Saat kita mengakses internet, biasanya kita mengakses berbagai informasi termasuk hiburan, pengetahuan atau berita, dan juga berbagai informasi lainnya.

2. Web 2.0

Web 2.0 adalah sebuah website yang memberikan akses terhadap semua orang untuk bisa menulis, mengupdate dan juga membuat konten kita sendiri. Secara awam kita sering menyebutnya sebagai forum, media sosial sekarang ini. Sudah ada banyak sekali media sosial yang tersebar, dan kebanyakan orang menggunakannya tanpa mengetahui ancaman yang bisa dihadapinya.

3. Informasi Pribadi

Banyak sekali aplikasi, website, dan juga layanan tertentu yang menyimpan data pribadi. Tips yang paling aman adalah Anda harus membaca Term of Service yang dimiliki di setiap website. Dengan hal tersebut Anda akan mengetahui bagaimana sebuah website, aplikasi, mengumpulkan informasi dan akan digunakan sebagai apa informasi tersebut.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Jumat (01/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Abdul Rozak (Founder Senyum Desa Indonesia), Dr. Moh. Zahyyadi (Dosen Pendidikan Matematika Universitas Madura), Habibi (Direktur PT. Media Tama Nusantara), dan Meitha Kurniasari (Experienced Secretary to BOD) sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. BerlAndaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.