Marketplus.id – Internet marketing adalah istilah untuk pemasaran produk maupun jasa secara online melalui internet. Internet marketing tidak hanya soal penjualan, tapi juga soal promosi, branding, dan membangun hubungan dengan konsumen yang dilakukan secara online.

Hal itu dijelaskan, Rinanti Adya Putri (Operations Executive at ZALORA Group) sebagai Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (05/10/2021).

Ia menambahkan, penggunaan internet sudah menjadi bagian dalam gaya hidup masyarakat modern, terutama bagi mereka yang sudah akrab dengan teknologi smartphone, tablet, komputer, dan laptop.

“Jika media massa seperti televisi, radio, surat kabar, dan baliho hanya mampu menarik konsumen lokal, sedangkan media internet mampu menarik konsumen global dari berbagai negara,” ujarnya.

Berikut ini beberapa keuntungan bisnis yang bisa didapatkan dengan menggunakan internet marketing, seperti:

  1. Lebih Mudah

Melakukan kegiatan pemasaran melalui internet bisa dikatakan jauh lebih mudah dibandingkan pemasaran melalui media cetak dan elektronik. Anda bisa melakukannya dan mengontrolnya kapan saja dan di mana saja. Tidak ada batasan ruang dan waktu.

2. Menghemat Biaya

Dengan bermodal alamat e-mail, jaringan internet, dan komputer, Anda bisa mulai melakukan pemasaran internet untuk menyebarkan informasi tentang bisnis Anda. Anda juga dapat membuat akun jejaring sosial dan blog secara gratis untuk memasarkan bisnis Anda. Biaya pemasangan iklan online berbayar juga cenderung lebih murah dan bisa disesuaikan dengan budget Anda.

3. Banyak Pilihan dalam Pemasaran

Terdapat banyak pilihan dalam pemasaran online sehingga bisa membuat Anda lebih kreatif. Anda bisa menggunakan audio, gambar, video, dan tulisan. Anda bisa menerapkan strategi social media marketing, Search Engine Optimization (SEO) marketing, e-mail marketing, afiliasi marketing, dan lain-lain. Silakan Anda pilih yang paling efektif bagi bisnis Anda.

4. Lebih Tepat Sasaran

Pada saat pemasangan iklan, Anda bisa menargetkan konsumen potensial berdasarkan demografis tertentu. Seperti halnya jenis kelamin, rentang usia, lokasi, tingkat pendidikan, bidang pekerjaan, serta minat dan perilaku konsumen. Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas, tapi tepat sasaran.

5. Melihat Hasil Secara Real-Time

Anda dapat memantau iklan kapan saja dan di mana saja untuk menelusuri kinerjanya. Anda dapat melihat hasilnya secara real-time dengan menggunakan analisis online untuk mengetahui apakah kampanye internet marketing Anda telah berhasil atau tidak.

6. Bisa Segera Melakukan Perubahan

Saat Anda memasang iklan di internet, Anda dapat melakukan perubahan secara cepat jika terjadi kesalahanan dan iklan Anda tidak bekerja dengan baik. Anda bisa segera mengubah kata-kata promosi dan tampilan grafisnya, lalu memasang ulang iklan online Anda. Hal ini tidak bisa dilakukan jika Anda memasang iklan di media massa.

7. Penjualan Terjadi dengan Cepat

Saat memasarkan produk di internet, Anda dapat menghasilkan penjualan dalam waktu yang singkat. Penjualan terjadi seketika hanya dengan beberapa kali klik saja. Prosesnya tidak memakan waktu lama karena transaksi terjadi secara online dan mudah dilakukan.

8. Meningkatkan Keuntungan

Jumlah pengguna internet begitu banyak dan tersebar luas. Bisa dikatakan Anda bisa menjangkau konsumen tidak terbatas sehingga bagi yang ingin memperluas pasar dan meningkatkan keuntungan semaksimal mungkin, Anda bisa memanfaatkan internet marketing mulai dari sekarang.

9. Memudahkan Pengelolaan

Bagi yang menjalankan bisnis online, internet marketing memudahkan dalam pengelolaan bisnis. Jika menggunakan website, Anda bisa menampilkan produk secara online, mengecek stok barang, dan menjualnya berdasarkan pesanan. Anda juga tidak butuh banyak karyawan, bahkan bisa mengelolanya sendiri.

10. Membantu Riset Pasar

Teknologi sudah semakin canggih. Anda bisa melacak jumlah pengunjung dan asal pengunjung website, mengetahui sumber lalu lintas website, mengetahui kata kunci yang banyak dicari, dan lain-lain. Data tersebut akan membantu melakukan riset pasar dan merencanakan strategi pemasaran yang tepat.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Selasa (05/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Ridan Muhtadi (Dosen FEB IAI Miftahul Ulum Pamekasan & Kepala Dept. Riset Madura Idea Foundation), Moh. Arifin (Wakil Sekretaris Umum & Dosen STAI AL Fitrah Surabaya), Inayah Swasti Ratih (Dosen STEBI Badri Masduqi & Tim Pengembangan Media Digital Edukasi Ekonomi Islam), dan Jean Christy Sihotang (Teacher at Ora et Labora Senior High School).