Mei 19, 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Pasuruan, (8/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Vio Annisa, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono S.T,M.M, Fuad Fahmi Hasan S.M, Dr. Havid Han, M.M., Tio Utomo dan FADHILAH INTAN PRAMITASARI (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Era Serba Digital Treasure Or Pressure dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 116 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Arief Budiono S.T,M.M adalah Bagaimana tips berjualan di marketplace tertentu untuk pemula karena yang kita ketahui sekarang ini banyak sekali persaingan yang tidak sehat antar seller seperti memanipulasi orderan dengan menaikkan rating dan ulasan, karena tidak menutup kemungkinan pertama kali para pembeli selalu melihat rating toko dan ulasan terlebih dahulu, apakah sebagai penjual pemula sebaiknya memberikan diskon atau cashback besar besaran untuk menarik perhatian pembeli dan meluaskan jangkauan toko.

Arief Budiono memaparkan, “Pilihlah marketplace yang sudah punya nama, dari masing-masing toko itu harus buka toko masing-masingnya sehingga orang akan melihat dan menambahkan trust dari si pembeli. Memang perlu diskon. karena konsumen di Indonesia paling suka dengan diskon. Dan promo harus ada sebagai booster meningkatkan penjualan. Bangun engagment yang jelas dengan customer mengenai deskripsi barang dan kuatkan krediblitas penjual agar pembeli merasa aman dan nyaman di toko kita. kalau ada yang coba menghancurkan toko kita dengan komentar buruk, minta tolog teman kolega untuk banjiri komentar positif mengenai toko kita”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *