14 Juli 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Kediri, (14/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Diyah Wahyuningtyas, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ahmad Roy Rohmadi, Viki Yossida, Ulil Albab, Andy Ardian, SP dan Gery Ardian.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Euphoria Dalam Bermedia Digital” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 597 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Viki Yossida adalah Indonesia menjadi salah satu pengguna media sosial tertinggi di dunia. Hal tersebut dapat berdampak positif maupun negatif, salah satu dampak negatifnya adalah kurang bijak dan produktif masyarakat dalam memanfaatkan media sosial, dan banyak ditemui kalangan muda yg hanya menggunak medsos hanya bermain game, tiktok, dll. Lantas bagaimana cara merubah hal tersebut menjadi lebih produktif lagi salah satunya dengan memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dan sebagainya yg intinya membuat masyarakat menjadi produktif lagi.

Viki Yossida menjelaskan, “Memang benar medsos bangsa ini menjadi yang tinggi/banyak digunakan. Jangan lihat yang negatif saja. Harus lihat sisi positifnya juga. Guna medsos secara positif dengan: memasarkan secara online; melakukan riset; membangun personal branding; mencari partner bisnis; melihat pergerakan kompetitor, dsb.. Anda tidak perlu takut bermedia sosial; gunakan secara bijak; tetap jaga budaya kita. Cara sederhana, banjiri dengan konten positif dan blokir konten negative”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *