25 Juni 2024

Marketplus.id – Sekitar 100 peserta dari dalam dan luar negeri, akan berenang melintasi laut Gili-Pantai Sire sejauh 3 kilometer. Kemudian, mengayuh sepeda sepanjang 100 kilometer menuju kawasan Mandalika.

Sebelum memasuki garis finish, peserta akan berlari menempuh jarak 20 kilometer. Total rute yang harus ditempuh mencapai 123 kilometer. Event ini kemudian dikenal dengan sebutan HKEC 123K.

Menurut Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, Event yang diinisiasi PT Hutama Karya (Persero) ini,  akan dijadikan event tahunan. Kegiatan yang diikuti 18 negara 5 benua Eropa ini, akan diabadikan pada sebuah tugu, monumen yang menyematkan nama dan asal negara peserta.

“Monumen HKEC ini nantinya akan di kenang dan akan dikunjungi lagi oleh peserta lomba. Ini bisa menjadi destinasi baru Lombok-Sumbawa,” ujar pria yang akrab Bang Zul.

Dalam event ini, pemerintah daerah NTB, berencana menampilkan produk motor listrik karya putra daera, agar dapat dikenal peserta HK Endurance Challenge dari mancanegara.

Turut mendampingi, Novias Nurendra, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) NTB, Ridwan Syah, dan Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi, serta Ketua Panitia HK Endurance Challenge, Octovianus. Disampaikan juga, bahwa event Sport Tourism: HK Endurance Challenge ini, diharapkan mampu memberi efek domino bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat NTB.

“Jelas momentum ini menjadi pertanda kebangkitan ekonomi dan pariwisata Lombok-Sumbawa. HK Endurance Challenge Lombok Series di The Mandalika ini menjadi uji coba event sport tourism atas penggunaan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau lebih dikenal dengan Pertamina Mandalika International Street Circuit. JKK tidak saja diperuntukan sebagai tempat penyelenggaraan event balap motor internasional sekelas MotoGP dan World Superbike (WSBK), namun juga menunjang event-event sport tourism dan pariwisata lainnya,” tegas Ridwan Syah, yang diamini Yusron Hadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *