
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Lamongan, (16/10).
Acara dipimpin oleh Moderator, Alvina Zulfa Ulinuha, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Iva Milatul Chanifah, M.Pd, H. Bambang Eko Muljono,SH.,SpN.,M.Hum.,MMA, Khelmy K. Pribadi, M.Si, Pradipta Nugrahanto dan key opinion leader (KOL) Nunu Elcidi.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Kehidupan Sosial Yang Baik Di Media Sosial” dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 2.521 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Nunu Elcidi adalah “Seringkali kita melihat karya di media sosial, apalagi semenjak semua kegiatan dilakukan secara online, banyak orang yang berlomba-lomba untuk mengekspresikan diri dengan berbagai jenis karya yang dimilikinya. Tentunya karya ini juga memiliki target penerimanya, namun bagaimana caranya kita bisa mendapatkan feedback atau income dari karya yang telah kita buat yang kita unggah di media sosial yang kita punya seperti instagram, tiktok, atau youtube?
Nunu Elcidi menjelaskan, “Feedback yang bagus perbaiki dulu kontennya barulah income nya mengikuti. Yang paling ,mudah dari social media tersebut yang memberi cuan secara langsung yaitu youtube . Lebih dimudahkan oleh youtube dari penanyangannya. Tentukan siapa yang akan nonton konten kita.”
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.