
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jombang, (16/10).
Acara dipimpin oleh Moderator, Patricia Oxanna, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Mazidatul Faizah, Drs. Vinsensius Jemadu, MBA, Kurniawan Jatmika, S.Kom, M.Eng, Romzi Ahmad dan Josaphat Klemens. ST (KOL).
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Kehidupan Sosial Yang Baik Di Media Sosial dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 905 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Kurniawan Jatmika adalah Kenapa perilaku serta Etika pengguna internet ketika di media sosial sangat berbeda?Apa unsur yang merubah sikap tersebut?Lalu bagaimana menciptakan perilaku yang sama ketika di dunia digital sebagai cerminan diri ketika di dunia nyata?.
Kurniawan Jatmika menuturkan, “Ketika seseorang berperilaku negatif di dunia maya biasanya itu adalah ekspresi diri yang tertahan di dunia nyata. Oleh karena itu, hal yang harus dipahami adalah identitas diri kita dalam dunia digital adalah suatu hal yang penting dan berdampak bagi langkah kita kedepan. Apapun hal yang kita lakukan harus disadari bahwa itu adalah batu bata fondasi kita di masa depan”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.