14 Juli 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Lamongan, (18/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Diyah Wahyuningtyas, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Hendri Julianto, Munif Chatib, Aulia Siska, S.Sos, Romzi Ahmad dan Praseno Nugroho (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Mari Menjadi Netizen Baru Yang Cerdas Dan Bijak dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 522 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Hendri Julianto adalah Dalam berbisnis online kita harus mengerahkan kreatifitas kita untuk menjalankan digital marketing yang baik dan benar, namun banyak juga bisnis online yang saling menjatuhkan melalui digital marketing  yang mereka buat. Lalu bagaimana tips dan etika yang baik dalam digital marketing agar dapat menggaet konsumen sebanyak mungkin secara efisien tanpa harus merugikan pihak manapun ?

Hendri Julianto menjelaskan, “Pertanyaan pertama, dunia digital perkembangannya sangat luar biasa, maka kita harus kreatif. Caranya kreatif dimulai dari kita, apa yang kita punya dimaksimalkan. Yang kedua, kita boleh berjualan dan ingat ATM ‘amati; tiru; modifikasi’ artinya kita fokus dengan apa yang kita jual yang lain posisikan sebagai referensi saja. Ingat jangan sampai menjatuhkan iklan jualan orang lain dengan ingat hukum”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *