
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Probolinggo, (18/10).
Acara dipimpin oleh Moderator, Muhamad Ridho, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono S.T,M.M, Hanafia Al Faruq, S.Pd., M.Pd., Ulil Albab, Pradipta Nugrahanto dan Anindito Wisnu Sampurno.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Mari Menjadi Netizen Baru Yang Cerdas Dan Bijak” dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 251 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Arief Budiono adalah” Dalam kondisi seperti ini marketplace akan menjadi Alternatif dalam hal berbelanja karena pandemi banyak orang-orang lebih memilih berbelanja via online. Apakah ada tips dan trik supaya toko atau UMKM Berbasis Online supaya pesanan terus melonjak atau paling tidak, stabil dalam penjualan dalam era pandemi saat ini?”
Arief menerangkan, “Kalau kita memasarkan lewat digital marketing, yang pertama kita pahami channelingnya. Kita harus bisa menentukan wadah untuk melakukan pemasaran dengan tepat sasaran, seperti media sosial untuk sosialisasi dan market place untuk transaksi. Jangan fokus terhadap satu wadah saja. Kita bisa melakukan digital marketing berbayar maupun gratis. Kemudian yang kedua adalah content dan isi dari iklan kita, terutama ketika kita menggunakan media sosial. Selain itu kita dapat menggunakan jasa influencer. Ketiga, kita harus bisa memperhatikan waktu kita posting yang harus kita sesuaikan dengan target kita. Keempat yang tidak kalah penting, engagement atau interaksi kita dengan calon customer. Kita harus bisa memberikan respond dan pengalaman interaksi yang baik dan sopan. Closing statement : Bagi rekan-rekan, apabila masih menggunakan metode konvensional tambahkan lah metode digital marketing karena banyak sekali keunggulannya.”
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.