
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiata Literasi Digital di JawaTimur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jember, (19/10).
Acara dipimpin oleh Moderator Luana Yunaneva, S.I.Kom., CPS®, CHt dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Soni “ammho” Mongan, Muhamad Fauzi,S.Kom, Dr. Minan Jauhari, S.Sos.I.,M.Si, Indriyatno Banyumurti, Nathania Ingrid Hendradi (KOL).
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Pentingnya Memahami Penerapan Privasi Di Era Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 115 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Soni “ammho” Mongan adalah apakah kita membuat konten yang sedang trend atau yang berkaitan dengan possion kita?
Soni “ammho” Mongan menjelaskan, “Awali dengan melihat ke dalam diri. Lihat passion, berikan value sesuai dalam diri, lalu konsisten posting saja dulu. Lakukan dulu kebiasaan itu selama minimal 20 hari. Tidak ada batasan untuk itu (follower banyak dll). Lihat passion dan kekuatan kamu dimana dan tinggal cara mengemas/ eksekusi akhirnya. Penting konsisten upload konten. Minimal seminggu 2x upload untuk diawal. Jangan malu, ini hanya masalah waktu. Percaya diri lah karena tujuan kita adalah menyebarkan informasi positif. Tidak berhenti berkarya, lihat passion kita. Gunakan prinsip restoran padang, semua orang mempunyai selera masing-masing, coba semua keahlian kamu. Sambil melihat ketertarikan/ respon orang lain. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di JawaTimur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), EtisBermedia Digital (Digital Ethics), danCakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.