Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (23/10).
Acara dipimpin oleh Moderator, Rahmadana Junita, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ir. Andre Parvian Aristio, S.Kom., M.Sc., dr. Saptandia Wulan C. L., Dr. Desi Rahmawati, M.Pd, Romzi Ahmad dan Ditta Amelia Saraswati.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Menciptakan Ruang Digital Yang Positif” dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 149 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Ir. Andre Parvian Aristio, S.Kom., M.Sc adalah Bagaimana cara kita untuk bisa mengontrol diri agar tidak kecanduan dan bisa membagi waktu dengan kegiatan yg lain juga konsisten dalam menjalaninya?”
Andre memeparkan, “Dunia digital memberikan kita peluang. Dulu sebelum adanya dunia digital, ada kesusahan untuk mencari orang yang bisa melakukan pekerjaan yang tidak bisa kita lakukan atau ketika membutuhkan jasa orang lain. Apapun bisa dijual di e-commerce. Jadi teman teman bisa untuk mengurangi kecanduan media sosial, teman-teman bisa melakukan detox media sosial. Pertama, Buat hari tanpa media sosial. Tidak menggunakan sosmed di hari senin-jumat. Kedua, Tentukan wilayah-wilayah di rumah yang dilarang membawa handphone/membuka media sosial. Dan ketiga, uninstall media sosial. Dengan detox media sosial juga berpengaruh ke banyak hal. Bisa menjaga jam tidur kita. Berlebihan pada sesuatu hal juga tidak baik.”
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.