25 Juni 2024

Marketplus.id – Masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Sebagian lain juga terpaksa bekerja dari rumah. Alih-alih merutuk pada nasib, sebaiknya gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan diri. Terdapat sejumlah rekomendasi aktivitas produktif yang bisa Anda lakukan di rumah.

Hal itu dijelaskan, Laura Nafisa Ariani seorang Travel Influencer ketika berbicara sebagai Key Opinion Leader, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (27/10/2021) siang.

Lanjutnya, aktivitas produktif adalah kegiatan yang dilakukan dengan maksud menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, bisa untuk meningkatkan kemampuan atau menghasilkan produk tertentu.

“Diharapkan setelah melakukan kegiatan ini, pengetahuan dan kemampuan akan meningkat serta bermanfaat di masa depan,” terang Laura.

Berikut rekomendasi lima aktivitas produktif untuk meningkatkan kemampuan diri di rumah:

  1. Mengikuti kelas daring

Kelas daring merupakan aktivitas belajar intensif yang dilakukan dengan bantuan koneksi internet dan bisa dilakukan dari rumah. Tidak perlu mengantre atau mendaftar kartu Prakerja, karena tersedia banyak kelas daring secara gratis dari berbagai layanan pendidikan, salah satunya Coursera. Layanan kelas daring ini layaknya perkuliahan dengan materi berupa teks, video, diskusi, kuis, dan ujian dengan tenggat waktu.

2. Belajar bahasa baru

Waktu luang di rumah juga bisa digunakan untuk belajar bahasa baru. Mulai lah belajar bahasa asing dari budaya atau negara yang Anda sukai. Menyukai budayanya akan membuat belajar bahasa lebih mudah. Anda bisa belajar bahasa Jepang, Korea, Prancis, Spanyol, atau Italia. Tersedia banyak layanan kursus gratis untuk belajar bahasa.

3. Belajar keahlian baru

Selain bahasa baru, Anda juga bisa mempelajari keahlian baru selama di rumah. Misalnya belajar memasak, menari, menggambar, berkebun, dan bermain alat musik. Keahlian ini bisa dipelajari secara otodidak di rumah. Manfaatkan situs-situs terpercaya untuk belajar keahlian baru selama di rumah.

4. Berjualan daring

Tak ada salahnya mencoba untuk berjualan daring selama masa pandemi Covid-19. Anda bisa menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai seperti baju, sepatu, atau skincare di media sosial. Jika memiliki hobi dan pandai memasak, cobalah untuk memasarkan hasil masakan Anda. Begitu pula dengan menjahit, menulis, menggambar, dan sebagainya. Semua keahlian bisa dijual secara daring. Anda juga bisa mencoba berjualan menjadi drop shipper atau perantara antara pembeli dan penjual.

5. Mengikuti webinar

Ikuti pula seminar daring atau lebih dikenal dengan webinar selama berada di rumah. Pilihlah webinar dengan pemateri yang andal agar Anda bisa belajar dari mereka. Konsep webinar lebih sederhana dibandingkan kelas daring. Catat dan praktikkan hasil pembelajaran dari webinar agar ilmu yang didapat semakin dikuasai.

Selain kegiatan ini, Anda juga bisa membaca buku atau menonton film yang mengasah otak untuk terus berpikir.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (27/10/2021) siang, juga menghadirkan pembicara, Agus Gunawan (Praktisi Internet Marketing & Relawan TIK), DR. Emalia Iragiliati (Ahli Presmatic & Doktor Bidang Presmatik Bahasa Inggris), Ayrton Eduardo Aryaprabawa (Founder & Director Crevolutionz), dan Farid Albasyari (CEO Pluetos Company Agency).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *