Mei 19, 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, (29/10).

Acara dipimpin oleh Iman Riska Regita, S.E, CPS®., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ulil Albab, Nurul Hidayah, Drs. Ponadi, MSi., Bagaskoro, S.Kom, MM., dan Jeanny Julia (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Ber-Media Sosial Tanpa Rasa Cemas dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 2.160 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Ulil Albab adalah di era digital saat ini sangat banyak masyarakat yang berjualan online, sehingga banyaknya pesaing menimbulkan rasa malas, bosan hingga putus asa dalam berjualan online. Lalu bagaimana cara kita agar lebih konsisten memposting produk-produk yang kita jual dimedia sosial? Dan strategi yang seperti apa yang dapat mengoptimalkan usaha kita untuk tetap mengembangkan bisnis online di situasi seperti sekarang ini?

Ulil Albab menuturkan, “Jangan jadikan penjual lain sebagai saingan berat, tapi jadikan mereka sebagai motivasi bagi kita agar berproses lebih baik lagi. Jangan takut untuk berkolaborasi, karena kunci sukses kita saat ini adalah kolaborasi. Pelajari bagaimana cara mereka berbinis dan modifikasi inovasi tersebut agar sesuai dengan produk yang kita miliki”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251

kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *