Marketplus.id – PT Unilever Indonesia Tbk (Perusahaan) meraih peringkat pertama pada kategori perusahaan dengan market capitalization lebih dari USD 1 miliar di penghargaan bergengsi “Best of the Best Awards” dari majalah Forbes Indonesia. Penghargaan ini mencerminkan konsistensi Unilever Indonesia dalam mempertahankan pertumbuhan yang berkelanjutan sepanjang 2020, meski dihadapkan dengan tantangan di tengah pandemi yang masih berlangsung.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-11, penghargaan “Best of the Best Awards”  didasarkan pada kinerja fundamental jangka panjang dari perusahaan-perusahaan publik di Indonesia, khususnya saat mereka harus menunjukkan kemampuan beradaptasi dan membuktikan ketahanan dalam menghadapi era perekonomian baru yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Seluruh perusahaan yang memenangkan penghargaan diberikan peringkat berdasarkan skor komposit yang terkumpul dari beberapa metrik pertumbuhan, yang kemudian disaring kembali berdasarkan penilaian tata kelola perusahaan.

Ira Noviarti, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Tbk, menyampaikan “Bersyukur atas penghargaan ini sebagai salah satu bukti dari perwujudan komitmen Perusahaan untuk terus bertumbuh bersama Indonesia. Kami siap untuk terus berbagi peran dalam berbagai tindakan konkret menuju kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi COVID-19, selaras dengan strategi global ‘The Unilever Compass’ yang menegaskan fokus kami untuk menjalankan bisnis yang purpose-led (berlandaskan pada tujuan mulia), serta future-fit (relevan dan mampu bertahan di masa depan).”

Perekonomian yang terkontraksi, ditambah pembatasan mobilitas selama hampir dua tahun ke belakang telah berdampak besar pada perubahan perilaku konsumen di Indonesia. Menyikapi hal ini, Unilever Indonesia terus memperlihatkan kegesitan dalam beradaptasi dan berinovasi.

Ira menjelaskan bahwa sebagai turunan dari strategi jangka panjang 2025, ada lima strategi prioritas Perusahaan di tahun 2022 untuk meningkatan pertumbuhan,  yaitu: 1) Memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand besar dan produk utama melalui inovasi yang terdepan dan menstimulasi konsumsi konsumen; 2) Memperluas dan memperkaya portfolio ke value dan premium segment; 3) Memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-Commerce); 4) Memimpin di Digital & Data-Driven capabilities; dan 5) Tetap menjadi yang terdepan dalam penerapan bisnis yang berkelanjutan.

“Penghargaan berintegritas seperti ini akan semakin memacu semangat kami untuk mempersembahkan kinerja terbaik, sembari terus membawa dampak positif kepada lingkungan dan masyarakat Indonesia,” pungkas Ira.