Marketplus.idProgram HUB.ID yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) baru saja merampungkan rangkaian kegiatan business mentoring, business matchmaking, dan roadshow Networking Session di sepuluh (10) kota di Indonesia.

Kekuatan program HUB.ID yakni membuka akses Kerjasama dan sinergi bagi startup digital dengan berbagai pemangku kepentingan seperti korporasi swasta, BUMN dan pemerintah menjadikan kegiatan business matcmaking HUB.ID sebagai salah satu bentuk fasilitasi startup digital yang banyak ditunggu dan dicari oleh startup digital.

Setelah rangkaian kegiatan yang menunjang penguatan bisnis startup digital tersebut, Kominfo melanjutkan fasilitasi terhadap Startup digital dengan membuka akses investasi melakui kegiatan Demo Day HUB.ID . Para startup digital dipertemukan dengan para investor dari Venture Capital, Angel Investor, baik dalam dan luar negeri dengan tujuan untuk meningkatkan peluang investasi bagi startup digital yang telah menjalani rangkaian business matchmaking dengan para mitra HUB.ID

Kegiatan Demo Day HUB.ID dilaksanakan secara luring (offline) di Jakarta selama 2 (dua) hari dengan melibatkan 43 (empat puluh tiga) starup digital yang lolos kurasi dan mengikuti rangkaian proses pada HUB.ID. Setiap startup digital diberikan kesempatan presentasi di depan para undangan masing-masing selama 5 (lima) menit , dan dilanjutkan dengan 1 on 1 meeting langsung dengan investor di booth masing-masing startup digital yang telah disiapkan.

Pada hari pertama Demo Day HUB.ID terdapat 23 (dua puluh tiga) startup yang presentasi dan terdiri dari 3 sektor (vertikal) bisnis yaitu pertanian & Perikanan dan Pendidikan. Pada hari kedua Demo Day HUB.ID terdapat 20 (dua puluh) startup yang presentasi dan terdiri dari 4 sektor (vertikal) bisnis yaitu Kesehatan, pariwisata, logistik, keuangan dan solusi pemerintah (smart city).

Seluruh startup digital telah mendapatkan fasilitasi business matchmaking dan dipertemukan dengan lebih dari 47 HUB.ID dari korporasi swasta, pemerinth, BUMN dan investor. Total pertemuan bisnis yang telah terjalin adalah 244 pertemuan dan terdapat 102 pertemuan bisnis yang menjadi tindak lanjut dari rangkaian business matchmaking tersebut. Dari seluruh pertemuan bisnis tersebut, telah terjadi beberapa kerjasama bisnis yang disepakati dan dalam proses penyusunan perjanjan kerjasama.

Kolaborasi antar startup digital juga menjadi manfaat yang didapatkan dari seluruh startup digital dengan mengenali kelebihan dan kebutuhan masing-masing. Terdapat beberapa potensi kolaborasi yang akan ditindaklanjuti oleh beberapa startup digital untuk saling memperkuat produk dan inovasi yang diusung.

Kegiatan Demo Day yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Jhonny G Plate, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kominfo mengharapkan dari kegiatan Demo Day HUB.ID, banyak startup digital yang akan mendapatkan komitmen investasi yang tentunya akan membantu peningkatan kemampuan startup digital dalam memperluas layanannya.

“Perluasan cakupan dari layanan startup digital adalah salah satu bagian peran kunci dari kesuksesan transformasi digital yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo , bahwa kedaulatan dan kemandirian digital harus menjadi prinsip penting dalam transformasi digital Indonesia yang dapat berperan menempatkan Indonesia menjadi pemain, tidak hanya sebagai pasar dan mendorong penguasaan teknologi digital mutakhir oleh semua anak bangsa”, ujar Bapak Jhonnya G Plate dalam pidato pembukaannya.

Sebagai sebuah program akselerator startup dengan kekuatan business matchmaking yang baru dijalankan pertama kali tahun ini. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan bahwa program ini akan terus dilaksanakan setiap tahun dan akan melibatkan lebih banyak lagi para pemangku kepentingan. “Program HUB.ID berpeluang menjadi hub yang mempertemukan deman dan supply inovasi di Indonesia dengan menyesuaikan kebutuhan inovasi dari korporasi yang belum memiliki Corporate Accelerator. Para korporasi tersebut akan menjadi mitra penting sekaligus menjadi calon investor yang tepat bagi startup digital. Bahkan mereka juga berpeluang untuk menemukan potensi kerja sama bisnis baru yang dapat membantu meningkatkan skala bisnis startup digital” tuturnya.